Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantu Patepin Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17617Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa sehingga tidak mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantu patepin terhadap hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental Designs dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata pretest 57,81 menjadi 76,47 pada posttest. serta thitung 12,96 lebih besar dari pada ttabel 2,021. Berdasarkan analisis data pada perhitungan ketuntasan belajar pretest-posttest meningkat 50% siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbantu patepin memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Sukorejo Semarang.
References
Arifudin, Ahmad. 2017. Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Jurnal pendidikan guru. Vol 4 (2), 14
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani ,Hj (2015). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNTAN, Pontianak.
-------- . 2009. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anwar Fransiskus (2016). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar . Jurnal FKIP UNTAN, Pontianak.
Busoso ,Mersilia (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Hasili Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Bumi di Kelas IV SDN No. 2 Pangalasiang . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-614X
Harumsari. 2018. Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Hukum Ii Newton Pada Kelas X Di Sma Negeri 1 Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilirpengaruh. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniawan ,Otang (2013). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan . Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Volume 6 Nomor 2 Oktober 2017 | ISSN: 2303-1514
Nawir (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Peserta Didik Kelas Xii Ipa 3 Sma Negeri 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng . Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 1, No. 1 2015.
Osa ,Siti (2013). Analisis Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013 . Jurnal PPKn & Hukum Vol. 12 No. 1 April 2017
Permendikbud. 2013. Menteri Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Karisma Putra Utama.
Sartini (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pemelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan, Pontianak
Satrianawati. 2018. Media & Sumber Belaja. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2005. Media pengajaran. Bandung. Sinar baru
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-----------, 2018. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif.. Bandung: Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)