Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3

Authors

  • Ririn Rusmiati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Ary Susatyo Nugroho Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar tema 6 subtema 3 atau tidaknya model pembelajaran TGT dengan media Pop Up . Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Posttest-only Control  Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IVA dan IVB SD Kusuma Bhakti Semarang  berjumlah 35 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas dan uji himogenitas, (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah varians homogen apa tidaknya. Uji t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pemeblajaran TGT dengan media Pop Up dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema 6 subtema 3 pembelajaran 1-3. Hal ini dapat dilihat Hal tersebut dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan = 5% Dengan menggunakan uji-t dua pihak didapatkan nilai sebesar 3,038  denga =  1,995   Karena > yaitu 1,995 >  3,038    Dengan demikian ditolak dan  diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran TGT  dengan media Pop Up dengan model pembelajaran konvensional pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 1-3.

References

Arifin, Zainal. 2013.Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azizah, Nur dkk.Pengaruh Model Tgt Berbantu Media Utama Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari AktivitasBelajar Siswa Kelas V SD. E-Jurnal PGSD Universitas PGRI Semarang. Vol .2 No. 4 Tahun 2018.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2013. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional. Jakarta : Depdiknas

Elisa Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hergenhahn dan Mattew H Olson. 2008. Theories Of Learning. Jakarta:Prenada Media Group.

Irinto,Agus.2015.Statistik:Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangan.Edisi Keempat.Jakarta:Kencana

Kadir, Abd dan Asrohah Hanun. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.

Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No.2 Juni 2018. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Khotimah, Nurul. 2018. “Keefektifan Model Pembelajran TGT (Teams Games Tournaments) Berbantu Media Mojeko Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem Kelas V SDN 3 Banyuringin”.Skripsi. FIP, Pend.Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta.G.

Nur, Melinda Alfiani dkk.Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Ips Tentang Kerajaan Dan Peninggalan Sejarah Islam Di Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 4, No. 2 Tahun 2017

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintahan Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan. http: //sindikker.dikti.go.id/. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2016

Pramesti, Jatu. 2015. “Pengembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa untuk Kelas III SD Negeri Pakem 1”. Jurnal.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Safri Meilia. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014.Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, E Robert.2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Soegeng. 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Semarang: Ikip PGRI Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyono, Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Suyono, Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241–248. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914

Issue

Section

Articles