Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Bahasa Inggris

I Wayan Oka Swabudanta

Abstract


Dalam belajar bahasa, ada empat ketrampilan yang perlu dikembangkan yaitu menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).  Dari keempat ketrampilan dia atas siswa masih kesulitan terutama pada ketrampilan menulis. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya : minimnya penguasaan grammar, minimnya penguasaan kosakata (vocabulary mastery), dan ketergantungan siswa kepada guru.Sehingga perlu diadakan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan respon dan prestasi belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan respon siswa dan peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI.AP 1 SMK Negeri 1 Tegallalang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini menggunakan tahapan siklus dan tiap siklus terdiri dari empat ahap yaitu perencanaan, pelaksanaan rindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.  Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.AP 1 SMK Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 38 orang. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah metode observasi dan tes hasil belajar. Setelah data yang diharapkan terkumpul semuanya   maka dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan respon dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI.AP 1 SMK Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Prestasi  belajar, kooperatif tipe STAD


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A Gede. 1999. Metodelogi Penelitian.Singaraja : STKIP Singaraja.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Djamrah, Syaiful Bahri. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Jakarta : Rineke Cipta.

Hastut, Eka Fitri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpendapat. Jurnal Pesona Vol. 3. No. 2 Hal. 133-143. Tersedia Pada: https://doi.org/10.26638/jp.443.2080.

Kadang, ST. Aminah, Jonner Nainggolan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Gelomang Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 5 No. 1 Hal. 43-54. Tersedia Pada: https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI/article/view/236/208.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Killen, Roy. 1996. Effetive Teaching Strategies. Australia : Social Science Press.

Philip. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Edisi. Kesepuluh. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Indeks.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyono, Akhmad. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. E-Jurnal UM Volume 1 Nomor 4.

Wardana, Ika, Tinggi Banggali, Halimah Husain. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica Vol. 18 No. 1 Hal. 76 – 84. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4678.

Widyastuti, Tri Indah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Siswa untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi. Jurnal Pendidikan Inssan Mandiri Vol. 1 No. 1 Hal. 1-15. Tersedia Pada: https://jurnal.uns.ac.id/jpim/article/view/16294/13230.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


 Crossref  

 

Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats