Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 3 Penuktukan Semester I melalui penerapan Model pembelajaran Berbasis Masalah tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa KELAS V SD Negeri 3 Penuktukan tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 19 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan lembar tes. Data yang didapatkan dari metode tes hasil belajar dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan Model pembelajaran Berbasis Masalah ini menunjukkan bahwa Pada siklus pertama, rata-rata nilai tes hasil belajar adalah 67 Dengan rincian 12 siswa atau 63,16% kategori memenuhi target KKM yang di tetapkan sekolah standarnya adalah 65,sedangkan 7 orang siswa atau 36,84 % berada di bawah standar KKM ,jadi terdapat 7 orang siswa yang belum tuntas. Daya serap siswa 67 %, ketuntasan klasikal sudah terpenuhi. Pada siklus kedua, rata-rata nilai tes hasil belajar adalah 78 dengan daya serap siswa adalah 78%. Tidak terdapat nilai siswa katagori di bawah KKM yang ditetapkan KKM IPA untuk kelas V adalah 65.Semua siswa mendapat nilai sama dengan KKM ke atas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa KELAS V SD Negeri 3 Penuktukan tahun pelajaran 2018/2019. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada guru untuk menerapkan Metode Berbasis Masalah dalam proses pembelajaran di kelas demi peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
References
Agung, A A. Gede. 1997. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja: STKIP.
Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Crow, L.D. & Alie Crow. (1999). Psikologi Pendidikan. Terjemahan Abd. Rahman Abdor. Aducational Psycology. Yogyakarta: Nurcahaya.
Djahiri, A, k. 1996. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga.
Djamarah, S.B. 1994. Prestasi Belajar Kompetensi dan Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. (Yogyakarta : Araska)
Gagne. 1994. Teori-Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Hamalik, O. 1998. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara,
Karyana, Pande Putu. (2010). Peningkatan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V (B) SD 29 Dangin Puri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Lasia, I Ketut. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Megawati, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nurliani, Nina. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam . urnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
Nurkencana. 1992. Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R dan D. Bandung; Alfabeta.
Permendiknas Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar & Menengah .
Roestiyah, H. 1984. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Sadirman. 1998. Metologi penelitian pendidikan Kompetensi dan praktiknya. Yogyakarta: PT Bumi Angkasa
Sagala, S. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarno, Nono. (2008). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani, IGK dan Wihardit Kusmaya (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Universitas Terbuka.
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi KonstruktiVstik
Jakarta: Prestasi Pustaka
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)