Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19328Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelompok siswa yang dibelajarakan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II di Gugus I Kecamatan Tembuku tahun pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Post-test Only Control Design. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas V gugus I kecamatan Tembuku berjumlah 128 siswa. Sebanyak 29 orang dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling, yang terdiri dari 19 orang siswa kelas V SD N 1 Jehem sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa kelas V SD N 4 Jehem sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Konvensional di SD Gugus I Kecamatan Tembuku Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (2,60) > ttabel (2,03). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (30,26) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (28,40). Dengan demikian, model pembelajaran think pair share berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Tembuku. Berdasarkan hal tersebut, saran dalam penelitian ini diupayakan untuk untuk menggunakan model pembelajaran yang inovatif salah satunya model pembelajaran think pair share
Kata-kata kunci: Hasil Belajar IPA, Think Pair Share
References
Antara, Putu Aditya & I Gusti Komang Ariprasetya Agus (2010). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran”. Jurusan Pedagogik-FIP-UPI dan Asosiasi Pendidikan Profesi Guru SD, Nomor 2, (hlm.245-256)
Giri, Putu Elsa Yulian Vitriani. 2014. Pengaruh Model Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Pengetahuan Metakognitif IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II Di Gugus I Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2014/2015.
Megawati, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Riastini, Putu Nanci. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ruhimat, Toto. 2013. Tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Santyasa, I Wayan. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Ajar Perguruan Tinggi Pembelajaran Inovatif . Singaraja: Undiksha Press.
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Warsono.2017. Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial . Journal of Society & Media 2017, Vol. 1(1) 1-10
Wahyuni, Ridha Sri. 2013. Hakikat Model Kooperatif Tipe Think Pair Share. Diakses tgl 2 Januari 2018. http://ridha90.blogspot.co.id/2013/05/hakikat-model-kooperatif-tipe-think.html
Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN : 1410-2994
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)