Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika

Atik Heru Prasetyo, Singgih Adi Prasetyo, Ferina Agustini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dampak pemberian Reward dan Punishment dalam Proses pembelajaran matematika siswa kelas V SD Pangudi Luhur Vincentius Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mengetahui dampak yang dihasilkan peneliti melakukan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukan dalam ranah kognitif memperoleh 69,23% termasuk kategori tinngi, ranah afektif sebesar 76,92% termasuk kategori tinngi, ranah psikomotorik sebesar 84,61% termasuk kategori tinngi. Dampaknya yaitu 1) Memicu siswa untuk berkompetisi, 2) Memotivasi belajar siswa dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, 3) Kemampuan belajar siswa dapat menyebar dan merata keseluruh siswa, disebabkan adanya unsur psikologis dalam kompetensi ditambah  adanya unsur kesepahaman pengetahuan pada diri siswa, 4) Ikatan emosional siswa dengan guru berkembang. Kesimpulanya bahwa pemberian reward dan punishment membuat siswa antusias dan termotivasi dalam pembelajaran matematika. Saran yang peneliti sampaikan yaitu supaya pemberian reward dan punishment dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

 

Kata Kunci: Analisis, Reward dan Punishment, Matematika


Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2016, Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ernata,Yusvida. 2017. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SD Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar. e-Journal IKIP Budi Utomo Malang. Vol: 5 No: 2 Tahun 2017.

Handoko, D (2016). Reward dan Punishment dalam Penilaian Evaluasi Kinerja Pegawai Berdasarkan FaktorFaktor yang Terlkait. Diakses dari http://www.kompasiana.com/destyando/re ward-dan-punishment-dalam-penilaianevaluasi-kinerja-pegawai-berdasarkanfaktor-faktor yangterkait_54f3967d745513982b6c7c51.

Priatna, Nanang dan Yuliardi, Ricki. 2019. Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Rahayu, Puji. 2017. Pengaruh Strategi Pemberian Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 1 Prambon pada Materi Garis dan Sudut. Simki-Techsain Vol. 01 No. 02 Hal. 1-8. Tersedia Pada: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/1125a3222ac8ac77986a77578a0b2ec5.pdf.

Sabartiningsih, Mila, Jajang Aisyul Muzakki, Durtam. 2018. Implementasi Pemberian Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia. Jurnal Pendidikan Anak Vol. 4 No. 1. Tersedia Pada: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Fakto Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subini, Nini. 2015. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera.

Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyuti, Rasfinahda Nur Ramli. 2017. Pemberian Reward dan Punishment dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 di MAN 2 Model Makassar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi Vol. 4 No. 1. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/3162/1777.

Yana, Dewi, Hajidin, Intan Safiah. 2016. Pemberian Reward dan Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V di SDN 15 Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol. 1 No. 2 Hal. 11-18. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol. 1 No. 2, 11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


 Crossref  

 

Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats