Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24361Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan peta konsep terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar yang terdiri dari 34 siswa dari 12 kelas 7 SD. Sampel penelitian siswa kelas V A SDN 5 Gianyar sebanyak 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V A SDN 7 Gianyar sebanyak 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa yang dibelajarkan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan peta konsep memiliki nilai rata-rata 85.05 dan kemampuan membaca pemahaman siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 74.01. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thit = 8.7619 dan ttabel = 2.000 sehingga thit = 8.7619 > ttabel = 2.000. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jadi, model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar.References
Abidin, Yunus. 2016. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Arini, dkk. 2009. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kariesma, Wahyu. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Bermedia Powerpoint Terhadap Keterampilan Membaca Pada Bahasa Indonesia Kelas IV SD Gugus I Kuta Badung”. Jurnal Online Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada file:///C:/Users/JAMCOM/Documents WISUDA%20SOON/JURNAL%205.pdf . (diakses pada tanggal 23 Desember 2018).
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajara Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Prabawati, Ayu Dwi Candra. 2013. “Pengaruh Model CIRC Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Gugus Iv Kecamatan Rendang”. Jurnal Online Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada file:///C:/Users/ JAMCOM/Documents/WISUDA%20SOON/jurnal%20circ.pdf. (diakses pada tanggal 23 Desember 2018).
Rahim, Farida. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wibowo, dkk. 2016. “Penggunaan Strategi Pq4r Berbantuan Peta Konsep Dalam Membaca Pemahaman Teks Cerita Pendek Sesuai Gaya Kognitif Siswa”. Jurnal Online Universitas Negeri Malang. Tersedia pada file:///C:/Users/JAMCOM/Documents/WISUDA%20SOON /strategi-pq4r-berbantuan-peta.pdf (diakses pada 27 Desember 2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)