“Yutu Gisel” Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sel

Authors

  • I Gusti Putu Sunaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24363

Abstract

Yutu Gisel adalah akronim dari  ”Youtube Biologi Sel.com”  yang merupakan strategi pemecahan masalah guru dengan menggunakan  media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar  biologi tentang ”Sel” siswa Kelas XI-MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Youtobe Biologi Sel.com sebagai media pembelajaran Biologi Sel di kelas XI dengan materi pokok biologi sel; 1) komponen kimiawi penyusun sel, 2) struktur dan fungsi bagian-bagian sel, 3) kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup, 4) tranpor membrane, 5) sintesis protein untuk menyusun sifat morfologis dan fisiologis sel, dan 6) reproduksi sel sebagai kegiatan untuk membentuk morfologi tubuh dan memperbanyak tubuh. Data hasil penelitian berupa  data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar/ulangan formatif, sedang aktivitas belajar siswa  dikumpulkan dengan blanko observasi  tipe likert skala lima, dengan masing-masing kriteria penilaian : sangat aktif, aktif, cukup aktif,  kurang aktif , sangat kurang aktif dengan dianalisis secara deskriptif. Dengan penggunaan media Youtobe Biologi Sel.com dapat ditemukan bahwa kombinasi  Yout.com dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Pelajaran Biologi Sel Siswa Kelas XI MIPA Semester I SMA Negeri 1 Kuta Selatan sejak Tahun Pelajaran 2017/2018 sampai dengan Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI versi 01 Tahun 2010. [Online]. Tersedia :https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigmapendidikan-nasional-abad-xxi.pdf.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan:Jakarta

Kusumah, Wijaya. 2010, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Indeks.

Masrun, & Martaniah, S. M. 1974. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Republik Indonesia., 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi pengganti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 : Jakarta.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Suandi I Wayan, 2003. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II

Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagi Upaya Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas III IPS 2 SMU Negeri 1 Kediri. PTK. SMU Negeri 1 Kediri. Tidak diterbitkan.

Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdakarya.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Putra Grafika.

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Sunaya, I. G. P. (2020). “Yutu Gisel” Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sel. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 74–83. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24363

Issue

Section

Articles