“Yutu Gisel” Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sel
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24363Abstract
Yutu Gisel adalah akronim dari ”Youtube Biologi Sel.com” yang merupakan strategi pemecahan masalah guru dengan menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi tentang ”Sel” siswa Kelas XI-MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Youtobe Biologi Sel.com sebagai media pembelajaran Biologi Sel di kelas XI dengan materi pokok biologi sel; 1) komponen kimiawi penyusun sel, 2) struktur dan fungsi bagian-bagian sel, 3) kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup, 4) tranpor membrane, 5) sintesis protein untuk menyusun sifat morfologis dan fisiologis sel, dan 6) reproduksi sel sebagai kegiatan untuk membentuk morfologi tubuh dan memperbanyak tubuh. Data hasil penelitian berupa data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar/ulangan formatif, sedang aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan blanko observasi tipe likert skala lima, dengan masing-masing kriteria penilaian : sangat aktif, aktif, cukup aktif, kurang aktif , sangat kurang aktif dengan dianalisis secara deskriptif. Dengan penggunaan media Youtobe Biologi Sel.com dapat ditemukan bahwa kombinasi Yout.com dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Pelajaran Biologi Sel Siswa Kelas XI MIPA Semester I SMA Negeri 1 Kuta Selatan sejak Tahun Pelajaran 2017/2018 sampai dengan Tahun Pelajaran 2019/2020.
References
BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI versi 01 Tahun 2010. [Online]. Tersedia :https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigmapendidikan-nasional-abad-xxi.pdf.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan:Jakarta
Kusumah, Wijaya. 2010, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Indeks.
Masrun, & Martaniah, S. M. 1974. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Republik Indonesia., 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi pengganti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 : Jakarta.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suandi I Wayan, 2003. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II
Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagi Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas III IPS 2 SMU Negeri 1 Kediri. PTK. SMU Negeri 1 Kediri. Tidak diterbitkan.
Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdakarya.
Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Putra Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)