Pembelajaran Inquiry dengan Optimalisasi Pertanyaan 5w+1h Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24400Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas X IPS2 dengan menggunkan model pembelajaran Inquiry dengan optimalisasi pertanyaan 5W+1H. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nusa Penida. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS2 pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 27 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar Geografi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan penyebaran angket, setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini standar keberhasilan yang dijadikan patokan adalah hasil belajar secara klasikal siswa kelas X IPS2 di SMA Negeri 1 Nusa Penida. Tindakan yang dianggap berhasil jika hasil belajar mencapai KKM 75 ke atas, sedangkan secara klsikal dikatakan berhasil jika tingkat ketuntasan mencapai 85% ke atas dengan hasil belajar kategori cukup tinggi setelah dibandingkan dengan nilai prosentase hasil belajar siswa ke dalam PAP dengan skala lima. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry dengan optimalisasi pertanyaan 5W+1H dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS2 SMA Negeri 1 Nusa Penida. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor dari siklus I ke siklus II cukup signifikan.
References
Abdulah Sani Ridwan, 2015. Pembelajaran saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Endang Sadbudhy rahayu, I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Sekarmita :Jakarta.
Kunandar. 2011. Guru Profesional. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Mudlofir & Rusydiyah, 2015. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sahabudy Rahayu Endang & Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solihatin Etin & Raharjo. 2008. Cooperatif Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS). Jakarta : Bumi aksara
Suharyono & Moch Amien. 1994. Pengantar Filsafat Geogarfi. Jakarta: Proyek Pembinaan Dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sumaatmadja, Nursid. 2001. Metodelogi Pengajaran Geografi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Taupik, Ahmad, 2010. Metode 5W+1H. (Online). Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Berita & http://satriamadangkara.com/definisi-berita-dan-penjelasan-unsur-5w-1h/ (Diakses tanggal 15 Agustus 2016)
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)