Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Terhadap Nilai Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24401Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) terhadap nilai belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kalimanggis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kalimanggis berjumlah 18 siswa tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian instrumen yang digunakan adalah (1) tes (2) observasi (3) wawancara dan (4) dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir, uji hipotesis (uji-t), dan uji ketuntasan belajar. Uji normalitas untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Uji ketuntasan belajar digunakan untuk mengetahui tuntas atau tidaknya nilai belajar dengan tolak ukur KKM. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) efektif terhadap nilai belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kalimanggis. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil posttest lebih tinggi daripada pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk nilai belajar sebesar 16,09968944 dan ttabel 2,0232 karena thitung (16,09968944) > ttabel (2,0232) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t nilai belajar signifikan.
References
Afiyahni, Faizah Dwi., dkk. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. Mimbar PGSD Undiksha. 7(3): 230-236.
Astuti, D. 2017. Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I. Jurnal Riset dan Konseptual. 2(3): 328-334.
Boleng, Tanah Didimus. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-Pair-Share Terhadap Katerampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains. 2(2): 76-84.
Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif & Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husna., dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share (TPS). Jurnal Peluang. 1(2): 81-92.
Kusuma, Febrian W., Aisyah, M. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akutansi Siswa Kelas IX IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. 10(2): 43-63.
Mufidah, L., dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 1(1): 117-125.
Ni’mah, Alfiatun. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mahdlatul Muslimin Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Nurnawati, E., Dwi, Y., dan Hadi, S. 2012. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal. 1(1): 1-7.
Peraturan Pemerintah, 2013. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekertariat Negara.
Peraturan Pemerintah. 2005. Undang-undang Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekertaiat Negara.
Peraturan Pemerintah. 2005. Undang-undang Nomor 14 tantang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekertariat Negara.
Priansa, D, J. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surraya, L., dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4: 1-11.
Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wardani, Decyta Khasuma., dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha. 7(3): 207-213.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)