Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435Abstract
Perbedaan pemberian perhatian orangtua terhadap siswa di SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung diduga memiliki hubungan terhadap hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan perhatian orangtua terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian yaitu siswa kelas IV dan orangtua siswa kelas IV. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan data perhatian orangtua dengan kategori sangat cukup diperoleh 9 siswa dengan presentase 24,3%, perhatian orangtua dengan kategori cukup diperoleh 12 siswa dengan presentase 32,4%, perhatian orangtua dengan kategori kurang diperoleh 11 siswa dengan presentase 29,7%, perhatian orangtua dengan kategori sangat kurang diperoleh 5 siswa dengan presentase 13,6%. Rata rata hasil belajar kognitif siswa dengan kategori sangat baik diperoleh 20 siswa dengan presentase 54,1%, rata rata hasil belajar kognitif siswa dengan kategori baik diperoleh 11 siswa dengan presentase 29,7%, rata rata hasil belajar kognitif siswa dengan kategori cukup diperoleh 6 siswa dengan presentase 16,2%. Jadi,perhatian orangtua memiliki korelasi dengan hasil belajar kognitif siswa.
References
Abin Syamsudin, Makmun. 2009. Psikologi Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Abu, Ahmadi. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: RiekaCipta.
Ahmadi, Abu&Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta.
Ahmadi, Ruslam. 2014. Metode penelitian Kualitatif. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Aswan, Zain. Bahri, Syamsul. Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RinekaCipta.
A’la, Rofiqul. 2016. Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah, Vol. 2, Edisi 11.
A.M. Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. GrafindoPersada.
A.K, Mudjito. 2007. Pedoman Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak Kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Bimo, Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Bujuri, D.A. 2018. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Literasi. Vol. 9, No.1.
Depdiknas.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Indonesia: Gramedia Pustaka
Fathurrohman,Taufik. Muhammad. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal Student UNY (diunduh 22 Juni 2019).
Hijriati. 2016. Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Journal Ar-Raniry UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 1 No. 2.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Moelong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
MS Sumantri. (2005). Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Dinas Pendidikan
Nisa, Afiatin. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 11 No. 1.
Rosmalinda, Desy. Zulyanty, Marni. 2019. Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 4 No. 1.
Saeful Rahmat, Pupu. Penelitian Kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM, Vol. 5 No. 9 (diunduh 22 Juni 2019).
Slameto. 2010. BelajardanFaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng, A.Y. Nisa, Zuhrotun. 2014. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Kembangarum 2 Mranggen Demak. Journal UPGRIS. Vol. 4, No. 2.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulianto, Joko. Sunardi. Sri Anitah. Gunardi. 2019. Development Of an Advanced Organizer Model Based on Open-Ended to Increase Student Punishment in Elementary Schools. (Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 422)
An Analysis of Primary School Teachers Characters Learning Process on Teaching Model Development Named Open Ended Approach-based Advance Organizer on Students Reasoning Skill. (Universal Journal of Educational Research 8(3D): 60-66)
Sunain. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. Jurnal Pendidikan Vol. 6 No. 2.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Syafi’I, Ahmad. Marfiyanto, Tri. Siti Kholidatur Rodiyah. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)