Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD

Authors

  • Nur Afifah A.Y Universitas PGRI Semarang
  • Soegeng Ysh Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Mudzanatun Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.28375

Abstract

Rendahnya pengetahuan tematik siswa yang disebabkan karena kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran inovatif sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas model pembelajaran talking stick berbantuan media question box terhadap hasil belajar Tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tiga sekolah dasar. Teknik yang digunakan untuk mengambil sample yaitu teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,625 sedangkan ttabel dengan db = N-1 = 20-1 = 19, dan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,024. Karena thitung > ttabel yaitu 2,625 > 2,024 maka H0 ditolak dan Ha diterima, Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantu media question box efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas tiga. Model pembelajaran talking stick berbantu media question box dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas tiga.

Author Biographies

Nur Afifah A.Y, Universitas PGRI Semarang

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Soegeng Ysh, Universitas PGRI Semarang

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mudzanatun Mudzanatun, Universitas PGRI Semarang

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Antara, Kristiantari, & Suadnyana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal Of Elementary Education, 4(1), 290–297. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.

Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Asmara, Sumarni, & Hadisaputro. (2014). PENGARUH METODE KONSEP BERTINGKAT BERBANTUAN QUESTION BOX TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Chemistry in Education, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1648

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Donas, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2353

Indrawan, & Dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Jurnal PGSD Uniersitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632

Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321

Jailani. (2017). Penggunaan Peta Konsep Untuk Belajar Bermakna Dan Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Education, 6(1), 30–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Krisdayati, & Kusmariyatni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Minat Baca. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 156–159. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24935/15605

Lestari, Kristiantari, & Ganing. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal Of Elementary Education, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pour, & Sukroyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://dx.doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Qondias, & Dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/about

Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676

Seika Ayuni, I. G. a. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Susanti. (2020). The Use of WhatsApp in Reading Lesson at the STMIK Pontianak, West Kalimantan, Indonesia. Mimbar Pendidikan, 5(1), 57–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik/article/view/24151/11694.

Susilana. (2007). Pengertian Media Powerpoint. Jakarta: Rineka Cipta.

Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, 18(2), 22–37. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/123/137

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Afifah A.Y, N., Ysh, S., & Mudzanatun, M. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 449–458. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.28375

Issue

Section

Articles