Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.28375Abstract
Rendahnya pengetahuan tematik siswa yang disebabkan karena kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran inovatif sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas model pembelajaran talking stick berbantuan media question box terhadap hasil belajar Tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tiga sekolah dasar. Teknik yang digunakan untuk mengambil sample yaitu teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,625 sedangkan ttabel dengan db = N-1 = 20-1 = 19, dan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,024. Karena thitung > ttabel yaitu 2,625 > 2,024 maka H0 ditolak dan Ha diterima, Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantu media question box efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas tiga. Model pembelajaran talking stick berbantu media question box dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas tiga.References
Antara, Kristiantari, & Suadnyana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal Of Elementary Education, 4(1), 290–297. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.
Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Asmara, Sumarni, & Hadisaputro. (2014). PENGARUH METODE KONSEP BERTINGKAT BERBANTUAN QUESTION BOX TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Chemistry in Education, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1648
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Donas, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063
Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2353
Indrawan, & Dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Jurnal PGSD Uniersitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632
Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321
Jailani. (2017). Penggunaan Peta Konsep Untuk Belajar Bermakna Dan Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Education, 6(1), 30–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Krisdayati, & Kusmariyatni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Minat Baca. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 156–159. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24935/15605
Lestari, Kristiantari, & Ganing. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal Of Elementary Education, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pour, & Sukroyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://dx.doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Qondias, & Dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/about
Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676
Seika Ayuni, I. G. a. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Susanti. (2020). The Use of WhatsApp in Reading Lesson at the STMIK Pontianak, West Kalimantan, Indonesia. Mimbar Pendidikan, 5(1), 57–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik/article/view/24151/11694.
Susilana. (2007). Pengertian Media Powerpoint. Jakarta: Rineka Cipta.
Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, 18(2), 22–37. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/123/137
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)