Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Learing Creativity Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Tutut Winarti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Noor Fatirul Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hartono Hartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29063

Abstract

Hasil penilaian akhir semester 2, menunjukkan bahwa 30% peserta didik yang mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan, yaitu 75, sedangkan 70% peserta didik mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan belajar, hal ini disebabkan karena metode serta model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik masih didominasi ceramah dan latihan soal. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengkaji hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan mencari pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Guided inquiry, dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini yakni kuasi eksperimen (Quasi-Experimentation) dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA yang tersebar dalam 5 kelas paralel berjumlah 170 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai tes yang diperoleh melalui tes prestasi belajar dan tes kreativitas siswa. Hasil penelitian ini memperoleh skor rata-rata pada kelas Problem-based learning sebesar 76,84 dan skor rata-rata prestasi belajar pada kelas Inkuiri terbimbing sebesar 70,96. Hal ini terjadi karena PBL mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikansi prestasi belajar matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan kelompok yang dibelajarkan dengan model Guided Inquiry, terdapat perbedaan signifikansi prestasi belajar matematika antara kelompok yang memiliki kreativitas tinggi dan kelompok yang memiki kreativitas rendah, serta terdapat Interaksi yang signifikansi antara model pembelajaran (PBL dan Guided Inquiry) dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar matematika.

Author Biographies

Tutut Winarti, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Teknologi Pendidikan

Achmad Noor Fatirul, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Teknologi Pendidikan

Hartono Hartono, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Teknologi Pendidikan

References

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Afandi, J. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual budaya Lombok. Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.83

Alwi, M., Ibrohim, & Dahlia. (2014). Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Bersumber Belajar Lingkungan Lokal Pesisir Pantai Bajoe. Jurnal Pendidikan, 2(8), 1123–1131. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Dalal, S., & Rani, G. (2013). Relationship of Creativity and Intelegence of Senior Secondary Students. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(7).

Darsana, I. G. B., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3, 200–207.

Demirel, M., & Turan, B. A. (2010). The Effect of Problem Based Learning on Achievement, Attitude, Metacognitive Awareness and Motivation. Hacettepe Journal of Education, 3(8), 55–66.

Diko, N. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Problem-Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMK Negeri 1 Boalemo Di Kab. Boalemo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1).

Fauziah, A., & Sukasno. (2015). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN 1 Lubuklingau. Jurnal Ilmiah Infinity, 4(1).

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Hapsari, A. N., Parwati, N. N., & Suarsana, I. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Web Untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Undiska, 3(1).

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Hikmah, & Amin, N. (2019). Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Mata Pelajaran Matematika di SMA Kabupaten Majene. Saintifik, 5(1).

Howell, D. C. (2011). Fundamental Statistics for the Behavioral Sciences, Seventh Edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Jatmiko, J. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Modul(Tps-M) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 417–426. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.511

Jusmawati, Upu, H., & Darwis, M. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Seting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Daya Matematis, 3(1).

Kurniawan, T. J., & Siswanto, J. (2012). Pengaruh Penggunakan Lembar Kerja dengan Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1).

Mardika, F., Armis, A, A., & Zuhri, Z. (2015). Penerapan Quik On The Draw dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(1).

Maryatun, & Metro, P. E. F. U. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Sma Pgri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan EKonomi, 5(1), 152–159.

Nisak, M. K., Wartono, W., & Suwono, H. (2017). Pengaruh pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP berdasarkan kemampuan akademik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 113–120.

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. JPPM, 12(1).

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

Patmalasari, D. S. ., Afifah, G., & Resbiantoro. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30–38.

Pepper, C. (2017). Problem Based Learning in Science. Issue In Educational Research, 19(2).

Ratnasari, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 1(4).

Respati, A. D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar AkuntansI. Jupe UNS, 1(2).

Risvanelli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 44–56. https://doi.org/10.29210/02017116

Romadhoni, I., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Disertai Media Cd Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(4), 329–336.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Susanti, V. D. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (Tps) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Vii Smp Negeri 2 Kebonsari Tahun Ajaran 2011/2012. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(2), 32. https://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476

Tarigan, R. (2018). Pengaruh model Pemecahan Masalah dan Kreativitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia. Elementary School Journal, 8(2), 1–11.

Vitayana, Y., Kendek, & Fihrin. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(1), 46–50.

Yardan, H., & Yardan, A. (2010). Learning Using Dynamic and Static Visualizations: Students’ Comprehension, Prior Knowledge and Conceptual Status of a Biotechnological Method. Res Science Education, 40, 375–402.

Yuliantari, N. P. E., Wiarta, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Keaktifan Dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11.

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Winarti, T., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Learing Creativity Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 387–396. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29063

Issue

Section

Articles