Kajian Stilistika Diksi dan Gaya Bahasa Sastra Anak Pada Cerita Anak Majalah Bobo
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.29710Abstract
Tulisan ini mendeskripsikan penggunaan diksi dan gaya bahasa sastra anak pada cerita anak Majalah Bobo. Dengan metode deskriptif kualitatif, sastra anak pada cerita anak Malajah Bobo ini dimaknai dan ditafsirkan berdasar diksi dan gaya bahasanya. Jenis penelitian ini adalah kajian tekstual yakni mencermati teks‐teks karya sastra anak dalam hubungannya dengan diksi dan gaya bahasa yang digunakan. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. teknik penyajian data yaitu dengan menggunakan teknik naratif deskriptif di mana data yang telah dianalisis dirangkai dalam bentuk narasi deskrips. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat tujuh diksi dengan makna denotatif dan sebelas diksi dengan makna konotatif. Sementara itu, untuk gaya bahasanya secara keseluruhan ditemukan sebanyak tujuh gaya bahasa, yaitu aliterasi, asonansi, ferifrasis, hiperbol, metafora, epitet, dan metanomia. Adapun gaya bahasa yang sering muncul pada cerita anak Majalah Bobo adalah gaya bahasa kiasan yaitu gaya bahasa metanomia. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan gaya bahasa tersebut adalah lebih memudahkan pembaca dalam memahami alur cerita yang disajikan.
References
Haryanto, M. (2012). Menggugat Diksi dan Ekspresi Anak pada Puisi Anak Majalah Bobo. Diunduh dari laman. http://www.jurnal.unikal.ac.id/index.php/pena/article/view/71/71 pada tanggal 15 November 2017 pukul 19.16 WIB.
Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Nugiyantoro, B. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, N. K. (2009). Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soelistyarini, S. (2012). Bercerita Tanpa Menggurui: Gaya Bahasa dalam Buku Cerita Anak untuk Membangun Karakter. Diunduh dari laman https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/33951182/ARTIKEL_TITIEN_Atavisma_rev.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1530502243&Signature=6UXEm7MS8IOWeVvs45pMvF902d8%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DBercerita_Tanpa_menggurui_Gaya_Bahasa_da.pdf pada tanggal 17 Desember 2017 pukul 18.25 WIB.
Fitriana, I. (2009). Penerjemahan Karya Sastra Anak. Diunduh dari laman http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/diglosia/article/view/286 pada tanggal 24 Desember 2017 pukul 20.29 WIB.
Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)