Kontribusi Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Gita Setya Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32218

Keywords:

Budaya Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Perubahan pembelajaran dari tatap muka ke daring telah menyebabkan menurunnya kinerja guru. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui besaran kontribusi budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah guru SD yang berjumlah 32 orang sekaligus sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling total. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuesioner dan untuk variabel bebas dan pencatatan dokumen untuk variabel terikat. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai rhitung= 0,735 > rtabel= 0,361 dan kontribusinya sebesar 54%. Terdapat kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai rhitung = 0,738 > rtabel = 0,361 dan kontribusinya sebesar 54%. Secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai rhitung= 30,988 > rtabel = 0,361 dan kontribusinya sebesar 68%. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa budaya sekolah dan motivasi kerja berkontribusi secara signifikan berkorelasi terhadap kinerja guru. Implikasi dari penelitian ini adalah lingkungan sekolah memegang peranan penting dalam pembentukan budaya sekolah yang positif dan peningkatan motivasi kerja guru, karena untuk mencapai pendidikan yang berkualitas dan bermutu harus didukung oleh budaya sekolah yang baik.

Author Biographies

Gita Setya Utami, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adzkiya, A. (2020). Sekolah dan Komitmen Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru ( Studi Kasus Di Mts Ma ’ Arif Nu Kabupaten Banyumas ). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22.

Amalda, N. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515.

Ansori. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Kuantan Hilir. Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Reviewe), 10(2), 261–271.

Ardana, P. (2020). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Kontribusi Sertifikasi Guru , Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42–53.

Aryantini, N. P. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(2), 99–110.

Darmasada, I. K. N. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Kinerja Guru Melalui Teknik Meeting Kepala Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 3(1), 117–124.

Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1974.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media.

Ideswal. (2019). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Johannes, N. Y. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 1.

Komarudin. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se-Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm UM Metro, 3(2), 47–57. https://doi.org/10.21067/jrpe.v3i2.3806.

Kusumaningrum, D. E. (2019). Budaya Sekolah Dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah Dengan Pendekatan Soft System Methodology. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 090–097. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p90.

Ningsih, P. (2016). Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). Kataogis, 5(7), 181–190.

Nurfasicha, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Mi Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. Ibtida, Vol. 1 No(1), 67–89.

Oupen, S. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167.

Prasetyo, E. B. (2020). Pengaruh motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui kompetensi guru SMK Negeri Sekar Kabupaten bojonegoro. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758.

Rachmawati, W. (2018). Budaya Sekolah Berbasis Ketarunaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 410–418. https://doi.org/10.17977/um027v1i42018p410.

Siagian. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2241.

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941.

Soetopo, I. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05, 21–31.

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2017). School Culture And Teacher Job Performance: A Comparative Analysis Of The Perception Of Teaching Staff in Private And Public Basic Schools In Ga South Municipality. British Journal of Education, 5(9), 108–121. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Wasito, E. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru Dimoderasi oleh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja di SMK Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4.

Yusof, H., Osman, M. N. A.-H., & Noor, M. A. M. (2016). School Culture and Its Relationship with Teacher Leadership. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 6(11), 272–286. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v6-i11/2396.

Zulkarnaen, Z. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah, Gaya Kepemimpinan Transformasional, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33867.

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Utami, G. S., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 168–178. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32218

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)