Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Ni Luh Nidia Kustinayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32296

Keywords:

Tipe Kepemimpinan, Lingkungan, Kinerja Guru

Abstract

Menurunnya kinerja guru diakibatkan oleh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi tipe kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah 35 guru PNS. Teknik dalam pengambilan sampel ini menggunakan sampling total yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah anggota dari sampelnya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data tipe kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan data kinerja guru diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji analisis korelasi product moment dan uji analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan tipe kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai 0,842 ≥ 0,334, terdapat korelasi yang signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan nilai 0,842 ≥ 0,334, serta terdapat korelasi yang signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan nilai 0,862 ≥ 0,334. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru.

Author Biographies

Ni Luh Nidia Kustinayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Komang Ngurah Wiyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Anam, C. (2018). Pengaruh Motivasi , Kompetensi , Kepemimpinan , Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 40–56.

Ansori. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Kuantan Hilir. Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Reviewe), 10(2), 261–271.

Anwar. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari. 51–56.

Astuti, W. S. (2018). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di Smk Swasta Bisnis Manajemen Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(2), 16–23. https://doi.org/10.24036/bmp.v7i2.5989.

Azis, A. Q., & Suwatno, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 246. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18020.

Candra, & Sakban, A. (2016). Analisis Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2), 53–60.

Eliyanto. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 169–181.

Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(2), 55–61. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4856.

Fachreza, Musnadi, S., & Majid, M. S. A. (2018). Pengaruh Motivasi kerja, lingkungan kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan dampaknya pada kinerja Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2(1), 115–122.

Fauzyah. (2020). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1995), 13–25.

Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Cahaya Indo Persada. Jurnal Agora, 5(1), 1–131.

Fredianto, D. (2016). Hubungan antara Motivasi Kerja dan Kedisiplin dengan Kinerja Guru di SD. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(4), 354–361.

Hardono. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33.

Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. 13(10), 1773–1786.

Huang, T. M. (2011). The relationship between headmasters’ leadership behaviour and teachers commitment in primary schools in the district of Sarikei, Sarawak. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1725–1732. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.418.

Ideswal. (2019). Kontribusi Iklim Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Isnaini. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor Dalam Pengawasan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 53(9), 1689–1699.

Joo, Y. H. (2020). The effects of distributed leadership on teacher professionalism: The case of Korean middle schools. International Journal of Educational Research, 99(August 2019). https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.101500.

Juniarti. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108.

Mbuik, H. B. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 28–37.

Muslimin. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dasar Terhadap Kinerja Guru. 13. https://doi.org/10.31227/osf.io/da4ym.

Nainggolan, M. C., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, L. E. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Yayasan Perguruan Maria Goretti Pematangsiantar. Maker:Jurnal Manajemen, 4(1), 10.

Nefrida. (2016). The Effect of Teacher Competence and Work Environment on Performance of Vocational High School I Teachers in Jambi. Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–15.

Ningsih, P. (2016). Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). Kataogis, 5(7), 181–190.

Prasetyo, E. B. (2020). Pengaruh motivasi, kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui kompetensi guru SMK Negeri Sekar Kabupaten bojonegoro. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758

Putri. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional development of teachers in improving the performance of teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 10.

Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p61.

Şahenk, S. S. (2010). Characteristics of the headmasters, teachers and students in an effective school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4298–4304. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.682.

Sampurno. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru di Smk Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 165–180.

Sari, P. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Assalam Depok. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30868/ad.v4i01.735.

Siagian. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2241.

Sidabutar, R. U. O., Lie, D., Efendi, E., & Inrawan, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Smp Negeri 1 Panei. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 38–46. https://doi.org/10.37403/sultanist.v5i2.93.

Sumarni, Tamsah, H., & Mustari. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(1), 149–163.

Suryani, L., Sahono, B., & Somantri, M. (2017). Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Antara Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMPN Simpang Kosgoro Kab. Musi Rawas. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(3).

Triastuti, D. A. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompetensi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Management Review, 2(2), 203. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i2.1796.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Kustinayanti, N. L. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Korelasi Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 179–191. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.32296

Issue

Section

Articles