Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • I Made Dwi Angga Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32309

Abstract

Menurunya kualitas kinerja guru sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini berjenis penelitian ex-post facto dengan jumlah populasi sekaligus menjadi sampel sebanyak 34 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik inferensial melalui uji-regresi sederhana dan uji-regresi ganda. Sebelum dilakukanya uji-regresi sederhana dan uji-regresi ganda dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat yaitu, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian yaitu, 1) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi sebesar 43,95% terhadap kinerja guru, 2) Iklim kerja berkontribusi sebesar 33,49% terhadap kinerja guru, 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja berkontribusi terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 77,44%. Jadi, kinerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim tempat kerja.

Author Biographies

I Made Dwi Angga, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Komang Ngurah Wiyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Astuti, P., Indarti, S., & Machasin, M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Smp Negeri 3 Dumai. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 1090–1104.

Hartini, Rahmawati, & Asmin, E. A. (2021). Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, 12(1), 52. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i1.3950

Jamma, H. (2016). Hubungan Gaya Kepemimpinan Dan Kinerja Dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Di Kota Padang Panjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 149. https://doi.org/10.31958/jaf.v1i2.360

Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845

Kepala Sekolah, K., Akademik, S., Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru Hardono, dan, & Yusuf, A. (2017). Educational Management Info Artikel. 26 Em, 6(1), 26–33.

Motivasi, D. A. N., Guru, K., & Sekolah, D. I. (2017). Iklim, Kepuasan, Dan Motivasi Kerja Guru Di Sekolah Dasar Bpk Penabur. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 24(1), 36–46. https://doi.org/10.17509/jap.v24i1.6509

Pramesti, D., & Muhyadi. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMA. Harmoni Sosial, 5(1), 43–56. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/11854/11411

Rachmawati, Y. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.108

Rahayu, S. (2017). Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Organisasi terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya pada Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama. Manajemen Pendidikan, 12(1), 73. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2977

Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(8), 1500–1504. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620

Sanders, M. G., Lukmansyah, D., Danniarti, R., & Moh. Rois, Fartika Ifriqia, D. S. (2017). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 1, No. 1, Juli-Desember 2017. American Journal of Education, 1(2), 233–255.

Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063

Silalahi, M. F., Daharnis, & Alizamar. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(1), 23–32. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6545/2792

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359

Subandi, S. (2018). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja,dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934

Sugiarta, M. P., Dantes, N., & Natajaya, N. (2018). Determinasi Sikap Guru terhadap Profesinya, Konsep Diri, dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12926

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 465. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782

Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 176–184. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/11983/7646

Yustiyawan, R. H., Supriyanto, A., & Mustiningsih. (2016). Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Paud Di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan : Teori, Peneltian Dan Pengembangan, 1(7), 1297–1304. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6545/2792

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Angga, I. M. D., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32309

Issue

Section

Articles