Shaking Table Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Analisis Struktur

Authors

  • Dwi Shatmoko Universitas Negeri Padang
  • Ganefri Ganefri Universitas Negeri Padang
  • Rusnardi Rahmat Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32395

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa teknik sipil pada mata kuliah Analisis Struktur masih rendah. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran shaking table yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan media menggunakan model 4-D. Penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop, disseminate. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner dan dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran untuk mata kuliah Analisi Struktur yang valid, praktis dan efektif bagi Mahasiswa.

References

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236.

Anggraeni, H., Epon, H., & Mulyana, E. H. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga KIT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Katrol di Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 10–18.

Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 01(02), 204–214.

Dini, E. D. N., Chamidah, A., & Roosyanti, A. (2019). Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Sebagai Sarana Bangun Ruang the Utilization of Three Dimensional Media As a Means To Improve the Student S ’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 183–195.

Djauhari, A. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Di SMP Negeri Satu. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(3), 310–321.

Hartariani, L. L., Damayanthi, L. P. E., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita (Studi Kasus: Siswa Kelas D2/Semester 2 SLB C Negeri Singaraja). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 137–147. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8522.

Hastuti, E. (2007). Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVB. Pendidikan Jurnal Sekolah Guru, 12(1), 55–62.

Hidayati, F. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/656.

Ipmawan, A., & Kharisma. (2020). Pengaruh penggunaan alat peraga gatotkaca terbang terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas iii sekolah dasar. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 16–23.

Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 64–71.

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1), 91–96.

Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4261.

Krisnawati, A., & Supriyono. (2013). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jpgsd, 01(02), 1–7.

Li, M., Tan, C. H., Teo, H. H., & Wei, K. K. (2012). Effects of product learning aids on the breadth and depth of recall. Decision Support Systems, 53(4), 793–801. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.05.016.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nurmahanani, I. (2017). Penelitian Foklor Permainan Rakyat Sunda Di Kampung Cikondang Jawa Barat Dan Internalisasi Nilai Didaktisnya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 12(2).

Pinahayu, E. A. R. (2017). Menumbuhkan Sikap Positif Dan Kreativitas Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Mahjong Trigonometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1477.

Ramadhan, R., Maulana, A., & Rochadi, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (Sketch Up) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Macam- Macam Pekerjaan Konstruksi Kayu. Jurnal PEndidikan Teknik Sipil, 7(1), 1–10.

Rasul, S., Bukhsh, Q., & Batool, S. (2011). A study to analyze the effectiveness of audio visual aids in teaching learning process at uvniversity level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 78–81. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.016.

Sadiman, Arief., D. (2006). Media pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.

Sari, E., Sumarno, S., & Setya Putri, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. JURNAL Al-AZHAR Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177.

Suyanto. (2020). Desain Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Konstruktivistik (Blended Learning). Geography Science Education Journal, 1(2), 59–66.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614.

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Shatmoko, D., Ganefri, G., & Rahmat, R. (2021). Shaking Table Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Analisis Struktur. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 131–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32395

Issue

Section

Articles