Komparasi Pengaruh Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33607Abstract
Hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas XI masih banyak yang belum mencapai KKM karen dianggap paling sulit oleh siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Gunung Talang sebanyak 34 siswa, SMKN 1 Gunung Talang sebanyak 25 siswa dan SMKN 1 Bukit Sundi sebanyak 48 siswa yang total subjek penelitian yang digunakan adalah 107 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat komparasi pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika di SMKN Kabupaten Solok. Terdapat komparasi pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN Kabupaten Solok. Terdapat komparasi pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika di SMKN Kabupaten Solok. Terdapat komparasi pengaruh yang signifikan efikasi diri, kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika pada beberapa SMK di kabupaten Solok. Dari kegita aspek tersebut yaitu efikasi diri, kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada beberapa SMK di kabupaten Solok.
References
Abdurrahman, M. 2009. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta.
Ali, D., Syarifudin, M., & Bakhtiar, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. Instructional Development Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.8631.
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162.
Andrie, S. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Ekuita: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 117–121.
Anggraini, Y. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 2(12).
Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Eva, L. M. (2018). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 1–11.
Fitroh, M. I., & Sari, A. F. (2018). Pengaruh Persepsi Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smkn 1 Surabaya Tahun Ajaran 2017 / 2018. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 148–156.
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.
Johnson. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ekoanomi Pendidikan, 8(6).
Kholidin, F. (2020). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri Akademik terhadap Nilai fmata Kuliah Statistik Inferensial. 2(2), 46–54.
Kusumawati, O. D. T. (2017). Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Magement, 6(2), 13–14.
Menhard. (2018). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(12).
Nurmalia. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Aliah Negeri (MAN) Kreueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 4(1).
Prianti, E. N. 2018. (2018). Perngaruh Persepsi Lingkungan Sekolah terhadap prestasi bealar PPKn Siswa SMA Negeri Pandeglangs Banteng. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaran, 1(1).
Purwanto, M. N. (2014). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Rahmania, Y. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Komunikasi Interpersonal Guru dan media Pembelajaran Terhadap Perilaku Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3).
Retnowati, F. (2017). hubungan kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS Kelas V. Hoyful Learning Journal., 6(3), 197–205.
Riyadi, M. I. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus Pangeran Diponegoro Genuk. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2.
Rosyida, F. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belaar dan Self efficacy terhadap Hasil Belaar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 21(1).
Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajaar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
sari, F.M., dan Harini, E. (2015). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika, Minat Belajar, dan Kemandirian belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UNION, 3(1), 61–68.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta.
Sripatmi. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat. Mandalika Mathematics and Education Journal, 1(1).
Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Bumi Aksara.
Sulfemi, W. B. (2018). Penagruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah dan Intelegensi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnaal Penelitian Pendidikan Agaman Dan Keagamaan, 16(2), 166–178.
Suryani, Lely. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi pendidikan Matematika Universitar Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275–283.
Suryani, Lili, Sahono, B., & Somantri, M. (2017). Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Antara Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMPN Simpang Kosgoro Kab. Musi Rawas. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(3).
Syahrudin. (2019). Pengaruh Efikasi diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar.
Uran, A. L. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Asimtot: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–76.
Widyastuti. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya dengan metode pembelajaran dan efikasi diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100.
Wulandari, N. (2018). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Sikap Terhadap Matematika Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional VARIANSI. http://ojs.unm.ac.id/index.php
Yuliyani, R. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 130–143.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)