Analisis Kajian Keterkaitan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru

Didi Herwansah, Ratnawati Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan variabel kompetensi profesional dengan kinerja guru di SDN Cipete Utara 13 Pagi dan SDN Cipete Utara 12 Pagi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampling jenuh, dengan ukuran sampel 30 orang guru. Hasil analisis diperoleh korelasi sebesar 0,632 atau 63,2% dan koefisien determinasi menunjukan kompetensi profesional memberikan kontribusi terhadap kinerja guru sebesar 0,516 atau 51,6% sisanya sebesar 48,4% yang dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini. Selain itu, hasil pengujian hipotesis (uji t)idiperoleh  t-hitung  = 3,286  >  t-tabel = 2,048 dengan signifikansi 0,003 < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 dierima. Berdasarkan data tersebut, maka terdapat hubungan secara positif dan signifikan dengan variabel kompetensi profesional dengan variabel kinerja guru.


References


Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo, (September).

Andriani, D. E. (2010). Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21 Melalui Program Pembimbing yang Efektif. Jurnal Pendidikan UNY, (02), 78–92.

Bangun, D. (2010). Hubungan Pemberdayaan Guru dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Profesional SMK Negeri di Kota Malang, 33(1), 55–64.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysisi Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 05(01), 9–19.

Gunantra, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Karti, E., & Manurung, A. S. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dakota Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Duri Kepa 03 Jakarta Barat, 1(1), 1–10.

Khairunnisa, D., Ariyanti, I., Novita, N., & Ganiardi, M. A. (2019). Student Analysis Of Differences Perceptions On Professionalism Of Lecturer In Palembang, 23(03), 427–443.

Manurung, A. S. (2015). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika Tentang Pengukuran Pada Siswa Kelas V SDN di Keceamatan Pulogadung Jakarta Timur, 1(1), 33–40.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta, 5(2), 51–57.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta, 8(1), 93–103.

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kreatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar, 4(18), 1291–1301.

Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6184

Mutholib, A. (2014). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar, (3), 1–38. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6908

Mutmainah, & Purwanto. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalitas Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Tepus, (2).

Ningrum, K. S. C. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja, 7(2), 1–12.

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, (10), 553–565.

Pramono, S. E. (2014). Kinerja Guru Sejarah: Studi Kausal Pada Guru-Guru Sejarah SMA di Kota Semarang, 24(1), 1–12.

Putri, S. T., & Syofyan, H. (n.d.). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02, 1(1–11).

Rahmatullah, M. (2016). Kemampuan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Hasil Belajar Siswa, 1(2), 119–126.

Safitri, D., & Manurung, A. S. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDIT Denada, III(3), 127–133.

Sidanti, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun, 9(1), 44–53.

Sobandi, H. A. (2010). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMKN Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung, 9(2), 25–34.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS, 4(1), 13–19.

Susanto, R. (2019). Hubungan Pengambilan Keputusan Rasional dengan Akuntabilitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, 2(1), 22–39.

Susanto, R., Agustina, N., & Rozali, Y. A. (2020). Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province ), 19(3), 167–182. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.114

Susanto, R., Agustina, N., Rozali, Y. A., Tjahjono, B., & Rosyid, A. (2021). Analysis of Primary School Teachers ’ Pedagogical Competencies through Talent Search Matrix, 57(2020), 360–369.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and Pedagogical Models: Analysis of Factors and Measurement of Learning Outcomes in Education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14.

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers : Pedagogical Knowledge , Reflective Ability , Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern, 7(10), 2124–2132. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010

Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa, 3(1), 79–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i2.33371

Article Metrics

Abstract view : 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


  Akreditasi SINTA   Crossref

 

Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats