Analisis Kajian Keterkaitan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru

Authors

  • Didi Herwansah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esai Unggul
  • Ratnawati Susanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esai Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.33371

Keywords:

Kompetensi Profesional, Kinerja, Guru, Pendidikan

Abstract

Kinerja guru adalah hasil penyelesaian tanggung jawab dalam proses pembelajaran, kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa factor baik yang berasal dari dalam diri guru maupun dari luar. Salah satu factor yang mempengaruhi adalah kompetensi professional, oleh sebab itulah Penelitian yang bertujuan nuntuk menganalisis keterkaitan variabel kompetensi profesional dengan kinerja guru dilakukan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan sampling jenuh, dengan ukuran sampel 30 orang guru. Metode analisis yang dilakukan adalah korelasi sederhana untuk mengetahui hubungan antar variable. Hasil analisis diperoleh korelasi sebesar 0,632 atau 63,2% dan koefisien determinasi menunjukan kompetensi profesional memberikan kontribusi terhadap kinerja guru sebesar 0,516 atau 51,6% sisanya sebesar 48,4% yang dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Jad, Kompetensi profesional memiliki hubungan secara positif dan signifikan dengan kinerja guru. Semakin rendah kompetensi profesional maka semakin rendah pula kinerja guru sebaliknya semakin tinggi kompetensi profesional maka semakin tinggi pula kinerja guru.

References

Arianto, D. A. N., & Istikomah. (2018). Pengaruh Kontribusi Pendidikan Pelatihan dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Guru (Studi di SMP Negeri 1 Tahunan Jepara). Media Ekonomi Dan Manajemen, 33(2), 149–163. https://doi.org/10.24856/mem.v33i2.650.

Dahlan, Iriawan, H., & Hamdan. (2016). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Sosial Guru Di Sma Negeri 11 Makassar. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 11(1), 55–62. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v11i1.17.

Dody, S. (2016). Peran Self Awareness dalam Memediasi Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 35–43. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i1.2063.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysisi Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 05(01), 9–19. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkkp/article/view/6451.

Febrialismanto. (2017). Analisis Kompetensi Profesional Guru PAUD Kabupaten Siak Provinsi Riau. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 103. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3573.

Gani, H. M. U., Nur, M., Mallongi, H. S., & Rusjdin, H. (2018). The Impacts of Competence, Work Motivation, Job Satisfaction and Organizational Commitment on Lecturers’ Performance. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 11(1), 17. https://doi.org/10.21013/jmss.v11.n1.p2.

Halimi, S. N. H., & Anas, S. (2018). Pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis) pada Kinerja Guru Matematika SMA Negeri di Kota Makassar Ditinjau dari Motivasi Kerja, Komitmen Kerja, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik. MSA, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.24252/msa.v6i1.4843.

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452.

Hartati, R. (2017). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Melalui Diklat Penelitian Tindakan Kelas Di Kemenag Kabupaten Jepara. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 2(1), 69. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v2i1.621.

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 72–73. https://ojs.unm.ac.id/economix/article/view/5347.

Jatiningsih, O., Maya Mustika Kartika Sari, Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan Kompetensi Profesional Guru oleh Mahasiswa Peserta Praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291.

Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845.

Kurnia, V., & Budiartati, E. (2017). Kompetensi Profesional Instruktur Dalam Pencapaian “Hard Skill” Peserta Didik. Journal of Nonformal Education, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.24914/pnf.v3i1.8912.

Malik, A., & Hutomo, R. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasi Di SMK Cordova Margoyoso Kabupaten Pati. Jurnal Visi Manajemen, 2(1), 53–65. http://stiepari.greenfrog-ts.co.id/jurnal/index.php/JVM/article/view/64.

Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199. https://doi.org/10.17977/jp.v1i12.8285.

Pramesti, D., & Muhyadi. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMA. Harmoni Sosial, 5(1), 43–56. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/11854/11411.

Purba, C. B., Rafiani, & Ali, H. (2018). The Influence of Competency , Organizational Commitment and Non Financial Compensation on Teacher Performance in SMAN 29 Jakarta. Scholars Journal of Economics, Business and Management (SJEBM), 227–239. https://doi.org/10.21276/sjebm.2018.5.3.13.

Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, DanPengembangan, 1(8), 1500–1504. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620.

Sahertian, H. J., & Satriobudi., V. J. (2016). Pengaruh Kompetensi Intelektual, Kompetensi Emosional, Dan Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja Guru Sma Swasta Di Kota Malang. Journal of Management Studies, 10(2), 126–149. https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/viewFile/3520/2591.

Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063.

Sihotang, N. B., Silaban, P. J., & Mahule, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Medan Kota. Jurnal Edicatio FKIP UNMA, 6(2), 225–231. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/432.

Silalahi, M. F., Daharnis, & Alizamar. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(1), 23–32. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6545/2792.

Sjahruddin, H. (2018). Pengaruh Profesionalisme dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, Agustus(1), 99–112. https://doi.org/10.31227/osf.io/qt8w7.

Susilowati, Y. H., Sudrajat, A., & Padillah, E. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Pamulang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 256–262. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.510.

Utami, S. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar Gugus IV Sanankulon. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 272. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.70.

Yustiyawan, R. H., Supriyanto, A., & Mustiningsih. (2016). Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Paud Di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan : Teori, Peneltian Dan Pengembangan, 1(7), 1297–1304. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6545/2792.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Herwansah, D., & Susanto, R. (2021). Analisis Kajian Keterkaitan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 268–273. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.33371

Issue

Section

Articles