Dampak Kompetensi Pedagogik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ine Nuzulaeni Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Ratnawati Susanto Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42481

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Bemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Rendahnya kemampuan awal berpikir kritis siswa dalam menjawab pertanyaan terbuka dan kurangnya penerapan literasi maupun pojok baca yang ada di lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode survey dan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru sejumlah 30 orang pada variabel kompetensi pedagogik. Pada variabel kemampuan berpikir kritis melibatkan siswa kelas V A masing-masing sebanyak 30 siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji coba instrumen dengan melibatkan siswa kelas V B sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik terhadap kemampuan berpikir kritis memiliki korelasi sebesar 0,823 atau 82,3%. Pada hasil (uji-t) diperoleh t-hitung = 7,665 > t-tabel = 2,052. Hasil ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya bahwa kompetensi pedagogik memiliki hubungan secara positif dan signifikan dengan kemampuan berpikir kritis. Implikasi penelitian ini diharapkan memberikan dukungan dan peluang kepada guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang berinovasi dengan memberikan pelatihan dan workshop sebagai bekal guru dalam mencapai tujuan pendidikan serta menghasilkan siswa yang berprestasi.

References

Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258–264. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803

Anam, C. (2020). Deskripsi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa terhadap Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik. Proceeding International Conference on Islamic Education, 5(1), 35–39. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1224.

Ardiyanti, F., & Winarti. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Kaunia, IX(2), 27–33. https://www.neliti.com/publications/104418/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-fenomena-untuk-meningkatkan-keterampilan-be

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529.

Budiartini, Arcana, & Margunayasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V di SD 7 Datah. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.891.

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50–64. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi, 3(1), 18 – 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Ellerton, P. (2022). Critical Thinking and Content Knowledge: A Critique of the Assumptions of Cognitive Load Theory. Thinking Skills and Creativity, 43, 100975. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100975. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100975

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Kartikasari, I., Nugroho, A., & Muslim, A. H. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 44–56. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.10124.

L.E., E. P. (2018). Cooperative Learning dengan Model TGT (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 85–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88. DOI: https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88

Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156. DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Liu, S., Hallinger, P., & Feng, D. (2016). Supporting the Professional Learning of Teachers in China: Does Principal Leadership Make a Difference? Teaching and Teacher Education, 59, 79–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Perdana, F. A., Sarwanto, & Sukarmin. (2017). Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA Kelas X pada Materi Dinamika Gerak. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 61–76. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17844. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17844

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Putra, R. G. (2021). Impelementasi Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin pada Peserta Didik. Genta Mulia, XII(1), 119–129.

Rachmadtullah, R. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10. DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.062.10

Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu Uno dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.6221.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Nurbaity. (2017). Should We Learn Culture in Chemistry Classroom? Integration Ethnochemistry in Culturally Responsive Teaching. AIP Conference Proceedings, 1868. https://doi.org/10.1063/1.4995108. DOI: https://doi.org/10.1063/1.4995108

Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Innim Putri Minasatene. Jurnal Mosharafa, 6(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.299. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.299

Rosyid, A. (2018). Upaya Guru Sekolah Dasar Non Kependidikan dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Eduscience, 3(2), 54–60. https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/1.-Upaya-Guru-Sekolah-Dasar-Non-Kependidikan-Dalam-Mengembangkan-Kompetensi-Pedagogik.pdf.

See, S., & Novianti, C. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1212 – 1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522

Seibert, S. A. (2020). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Silberman, D., Carpenter, R., Takemoto, J. K., & Coyne, L. (2021). The Impact of Team-Based Learning on the Critical Thinking Skills of Pharmacy Students. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 13(2), 116–121. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008

Suardipa, I. P. (2020). Urgensi Kompetensi Pedagogi Guru sebagai influencer Pendidikan. Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 75–82. https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.542.

Subekt, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi STEM untuk Menyiapkan Calon Guru Sains dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90. DOI: https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.90

Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017

Susanto, R., & Anti, M. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) terhadap Kecerdasan Interpersonal pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510

Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, O., & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Susilawati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 melalui Supervisi Akademik Pengawas pada Sekolah Binaan SD di Kabupaten Pacitan Tahun 2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i1.36. DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v2i2.203

Syarifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.169-178.2020. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.169-178.2020

Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., Tesaniloka, P., & Melinda. (2019). Pemberdayaan Guru dalam Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816

Wahyuningsih, R. (2021). Prestasi Belajar Siswa: Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 117–124. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3472. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3472

Yudha, F., Dafik, D., & Yuliati, N. (2018). The Analysis of Creative and Innovative Thinking Skills of the 21st Century Students in Solving the Problems of “Locating Dominating Set” in Research Based Learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(3), 163–176. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21. DOI: https://doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21

Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 10(2), 184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Daring pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539. DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539

Zulhandayani, Mahmud, H., & Bukhari. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 40 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 193–203. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2548.

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Nuzulaeni, I., & Susanto, R. (2022). Dampak Kompetensi Pedagogik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42481

Issue

Section

Articles