Belajar Ekosistem dengan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Filmora untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Luh Nyoman Putri Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37138

Keywords:

Media pembelajaran, audiovisual, Filmora, tema ekosistem

Abstract

Pandemi mengakibatkan kurang efektifnya belajar tema ekosistem tanpa penggunaan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan proses rancang bangun dan media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi Filmora pada tema ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D, yang terdiri atas tahap define, design, development, dan disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah media pembelajaran, sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian. Data dianalisis menggunakan rumus mean untuk mendapatkan validitas. Pengembangan media ini dinyatakan valid dengan hasil validitas oleh ahli isi mata pelajaran sebesar 3, 86, hasil dari ahli media sebesar 3,97, dan hasil dari ahli desain sebesar 3,82 dengan keseluruhan mendapatkan kualifikasi sangat baik. Selain itu hasil validiitas dari respon guru dan siswa mendapatkan hasil sangat baik. Jadi media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi Filmora terutama pada tema ekosistem layak digunakan dalam pembelajaran.

Author Biographies

Luh Nyoman Putri Kusuma Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gede Astawan, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alhaddad, I. (2012). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p31-44.

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, VOl 2, No. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran DaringSelama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 10 No. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p329.

Arif, S., & Muthoharoh, A. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ipa Dan Pembelajaran IPA. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19779.

Arwudarachman, D., Wayan Setiadarma, & Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, vol 3 No 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/14030.

Astutiningtyas, R., & Yanuartuti, S. (2020). Relokasi Pembelajaran Seni Dalam Bentuk Daring Online Untuk Meningkatkan Kreativitas Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1182.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, Vol 5, No. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.

Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe yang Diintegrasikan dengan Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, Vol 1 Nomo. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131.

Eliwatis, & Sabarullah. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2, No1. http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3319.

Ernanida, & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333.

Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping utuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, vol 1, No. /https://doi.org/10.26638/je.116.2064.

Hikmah, N. (2017). Pengembangan Multimedia (Audiovisual) Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendas Mahakam, Vol 2 No 1. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/96.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimis Sistem Industri, 16(2), 150–157. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

Jumardi, Andi, & Siswanto, R. D. (2020). Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru SD Melalui Komptensi Membuat Media Pembelajaran IPS. Jurnal Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11372.

Karisma, R., Mudzanatun, & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema & Subtema 2. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255.

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, vol 20, no. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148.

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Metri Sistem Respirasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, Vol 4, No, 1–9. https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2766.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 8, No. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014.

Mindayani, N. (2019). Penerapan Pendidikan Progresivisme pada Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Ssiwa Kelas X SMA NEgeri 1 NA IX-X. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.18246.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD). Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika. /http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.20.1.532.

Nida, H. H., & Nana. (2020). Penerapan Model POE2WE dalam Pembuatan Video Pembelajaran Fisika dengan Bantuan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor Siswa. https://doi.org/10.31219/osf.io/a4pmd.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645.

Oktafia, I. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, Vol 8, No. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932.

Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 2, No. https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol 07, No, 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.

Putri, S. D., & Djamas, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Problem-Based Learnig. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.648.

Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, S. (2018). Pemanfaatan Mailchimp Sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Technomedia Journal (TMJ), Vol 2, No. https://doi.org/10.33050/tmj.v2i2.323.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, & et.al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index.

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Edocation), Vol 1. http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112.

Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus). http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147.

Salamah, E. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, Vol 7, No. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1251.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarcia, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol 25 No. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

Saraswati, N. F., & Djazari, M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan AKuntansi Indonesia, Vol 16, No. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22049.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, Vol 8, No. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252.

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS. http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p039.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 5, No. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Dewi, L. N. P. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Ekosistem dengan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Filmora untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 493–501. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37138

Issue

Section

Articles