Tingkatkan Minat Siswa Belajar Sumber Daya Alam dengan Media Videoscibe

Authors

  • Deni Kumara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.38294

Keywords:

media videoscribe, IPS, minat siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menciptakan media videoscibe untuk meningkatkan minat siswa belajar sumber daya alam. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang ahli, yang terdiri atas 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media dan guru IV sebagai ahli praktisi serta tujuh orang siswa kelas IV SD sebagai uji perseorangan dan 15 orang siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Istrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah kuiseioner. Analisis data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata ahli media 4,16, dengan kualifikasi sangat baik, rata-rata ahli materi 4,86, dengan kualifikasi sangat baik, review praktisi (guru) 4.6, review siswa uji perseorangan 4,78 dengan kualifikasi sangat baik, review siswa kelompok kecil 4,89 dengan kualifikasi sangat baik. Pengembangan produk media pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5, dengan kualifikasi “sangat baik”. Maka, media pembelajaran dinyatakan sangat baik dan layak diterapkan pada proses pembelajaran.

Author Biographies

Deni Kumara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Nyoman Laba Jayanta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. G. (2019). Statistik Dasar untuk Pendidikan. Deepublish.

Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369

Al-Rahmi, W. M., Alias, N., Othman, M. S., Marin, V. I., & Tur, G. (2018). A Model of Factors Affecting Learning Performance through the Use of Social Media in Malaysian Higher Education. Computers and Education, 121, 59–72. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.010

Amin, M. (2017). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222

Ayvaz Tunc, O. (2017). Material Development Based on Digital Storytelling Activities and Assessment of Students’ Views. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 6(1), 54. https://doi.org/10.11591/ijere.v6i1.6347. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v6i1.6347

Badariah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/46744. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual Approach Using VBA Learning Media to Improve Students’ Mathematical Displacement and Disposition Ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025

Delil, S. (2017). The Impact of Infographic Animation Videos on Data Visualization. International Journal of Social Sciences and Education Research, 3(4), 1178–1183. https://doi.org/10.24289/ijsser.312933. DOI: https://doi.org/10.24289/ijsser.312933

Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Media Internet dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50–55. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10729. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10729

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/315105651.

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619

Febriyona, C., Supartini, T., & Pangemanan, L. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 17(1), 123. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326. DOI: https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543

Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668. DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668

Hardani, A. T. A., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Kongkret untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 233–245. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.37.

Haryanti, N., Wilujeng, I., & Sundari, S. (2020). Problem Based Learning Instruction Assisted by E-Book to Improve Mathematical Representation Ability and Curiosity Attitudes on Optical Devices. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012045. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012045

Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab melalui Aplikasi Videoscribe dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(2). https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738. DOI: https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738

Hera, R. (2017). Studi Kasus Permasalahan dalam Proses Pembelajaran Konsep Genetika di SMA Negeri 2 Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Genta Mulia, 8(1), 53–63. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/129.

Herawati, R., Sulisworo, D., & Fayanto, S. (2019). The Development of Learning Videos on PowToon-based Work and Energy Topics to Support Flipped Classroom Learning. IOSR Journal of Research & Method in Education, 9(4), 51–58. https://doi.org/10.9790/1959-0904015158.

Hermawan, M. A. (2021). Analisis Respon Siswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 138–142. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8067. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8067

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374. DOI: https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374

Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of Massive Open Online Course (MOOC) Based on Addie Model for Catering Courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926. DOI: https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 211–126. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103. DOI: https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103

Maryani, I., & Sumiar, Z. (2018). Developing Science Monopoly on the Force Learning Material for Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084

Maulah, S., A, F. N., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 49–61. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939. DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of Student Learning Outcomes through Video Learning Media with Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 183–189. https://doi.org/10.24331/ijere.517997. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.517997

Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018 / 2019 di SMA Negeri 3 Salatiga Pendidikan merupakan Komponen Kepribadian yang Lebih Baik. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 174–184. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36436.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. JURNAL INFORMATIKA, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532. DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Oktavia, A., & Agustin, H. (2019). Umbul Card: A Traditional Game as Nutrition Education Media among Elementary School Students. International Journal of Educational Research Review, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24331/ijere.646821. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.646821

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355

Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2019). Development of Video Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 198–205. https://doi.org/10.24331/ijere.518054. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518054

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458

Putri, L. G. R. A., Japa, I. G. N., & Riastini, P. N. (2021). Media Pembelajaran Videoscribe-HOTS Bermuatan IPA pada Topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 26(3), 451–460. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. DOI: https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1325

Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061

Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Grafis dan Media Papan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.411329

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Sulhan, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS “Keragaman Sosial, Budaya, Ekonomi, Etnis dan Agama.” Journal of Education Action Research, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.7017. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesial Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271 – 282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Sutama, & Suranata. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1812

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Video Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318.

Wahyuningsih, S. (2016). Inclusive Education for Persons with Disabilities: the Islamic Perspective. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 4(1), 1–18.

Warju, Ariyanto, S. R., Soeryanto, Hidayatullah, R. S., & Nurtanto, M. (2020). Practical Learning Innovation: Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 79. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12665. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12665

Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Astawan, I. G. (2021). Ecosystem Learning with Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 5(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe dalam Pembelajaran Literasi Sains untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Kumara, D., Japa, I. G. N., & Jayanta, I. N. L. (2022). Tingkatkan Minat Siswa Belajar Sumber Daya Alam dengan Media Videoscibe. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.38294

Issue

Section

Articles