Analisis Kompetensi Sosial Guru Kelas Vb Sdn 001 Pasar Lubuk Jambi Kab. Kuantan Singingi

Authors

  • Vita Julita Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.39334

Keywords:

Kompetensi Sosial, Guru Kelas

Abstract

Kompetensi guru salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainnya tujuan pembelajaran dan pendidikan di sekolah, guru harus memiliki kompetensi yang akan digunakan di dalam mengajar di sekolah salah satunya kompetensi sosial guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi sosial guru kelas VB. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek data pada penelitian ini adalah 1 guru kelas VB , kepala sekolah, 2 rekan guru dan 2 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan model milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru kelas VB sudah kategori sangat  baik dan sesuai dengan komponen kompetensi sosial seorang guru yaitu (1) Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi. (2) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat. (3) Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya. (4) Bersosial dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan maupun tulisan atau bentuk lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru kelas VB sudah memiliki kompetensi yang sangat  baik dan sesuai dengan indikator kompetensi sosial Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Author Biographies

Vita Julita, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Febrina Dafit, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afriadi, B., & Dahlia, D. (2020). Suvervisi Guru Menggunakan Alat Penilaian Kompetensi Guru (Apkg) Pada Penilaian Komponen Kepribadian dan Sosial Guru di Sdn Jurumudi 5 Kota Tangerang. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.21009/10.21009/jep.0124.

Agung, I. (2014). Kajian Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Sosial Terhadap Kinerja Guru. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 9(2), 83–92. https://doi.org/10.21009/jiv.0902.1.

Ahmad, M. A. (2019). Komunikasi Sebagai Wujud Kompetensi Sosial Guru di Sekolah. Jurnal Komodifikasi, 7, 33–44. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/9968/6915.

Andini, novita pri. (n.d.). ( Melek IT Vs Mengajar Dengan Hati ) Tidak bisa dipungkiri bahwa ledakan internet membawa perubahan besar di semua aspek kehidupan , termasuk dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang Kenyataannya dalam kehidupan manusia di era digital ini aka. 3(1), 301–307. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1725.

Ayatullah. (2018). Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrohmaniyah NW Senyiur. Palapa, 6(2), 49–74. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.67.

Cahyani, F. D. &, & Andriani, F. (2014). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Kepribadian , Dan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Akselerasi Di SMA Negeri I Gresik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(2), 78–88. http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp85eb445cb3full.pdf.

Dahlan, Iriawan, H., & Hamdan. (2016). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Sosial Guru Di Sma Negeri 11 Makassar. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 11(1), 55–62. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v11i1.17.

Dody, S. (2016). Peran Self Awareness dalam Memediasi Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 35–43. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i1.2063.

Gani, H. M. U., Nur, M., Mallongi, H. S., & Rusjdin, H. (2018). The Impacts of Competence, Work Motivation, Job Satisfaction and Organizational Commitment on Lecturers’ Performance. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 11(1), 17. https://doi.org/10.21013/jmss.v11.n1.p2.

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/770.

Hartini, Rahmawati, R., & Asmin, E. A. (2021). Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, 12(1), 52. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i1.3950.

Huda, M. N. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Pendidikan. Gastrointestinal Endoscopy, 10(1), 279–288. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/Peran%20Kompetensi%20Sosial%20Guru%20dalam%20pendidikan.

Jatiningsih, O., Maya Mustika Kartika Sari, Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan Kompetensi Profesional Guru oleh Mahasiswa Peserta Praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291.

Lestari, J. W., Bahari, Y., & Budjang, G. (2017). Implementasi Kompetensi Sosial Guru Sosiologi Dalam Berkomunikasi Dengan Peserta Didik Di MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi FKIP UNTAN, 5(3), 1–13. https://123dok.com/document/yeo1r87q-implementasi-kompetensi-sosial-sosiologi-berkomunikasi-peserta-didik-pontianak.html.

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782.

Masdul, muh. rizal. (2018). Komunikasi pembelajaran. Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 2(1), 13–28. https://doi.org/10.31934/jurnal%20iqra.v13i2.259.

Maslan. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kelas Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1226. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7884.

Muspiroh, N. (2015). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–19. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/655.

Nureva, & Citra, A. G. (2018). Kontribusi Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Mini Zoo Mata Pelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 106. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2747.

Nursalim. (2017). Profesionalisme Guru SD/ MI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 250–256. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10.

Pratiw, D. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Peserta Didik SMA Negeri 4 Parepare. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/683.

Purnamasari, H., & Amrullah, I. (2020). Harmonisasi Dalam Komunikasi Guru Dan Siswa Di Era Milenial Melalui Bahasa Indonesia Dan Bahasa Tubuh Yang Beretika. Sarasvati, 2(1), 52. https://doi.org/10.30742/sv.v2i1.861.

Putra, B. J., & Jamal, J. (2020). Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 399–407. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/410.

Rafli, M. F. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. September. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28077.

Rahmawati, A., & Nartani, I. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dalam Berkomunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 388–392. https://core.ac.uk/download/pdf/230377866.pdf.

Ritonga, N. A. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Kerja yang kondusif di SD IT Ummi Aida Medan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 43–55. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.24.

Rombean, C., Rahmadi, P., & Appulembang, O. D. (2021). Pentingnya Penyampaian Informasi Yang Tepat Untuk Membangun Komunikasi Efektif Kepada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar [the Importance of Delivering Information Appropriately in Building Effective Communication To Grade 3 of Primary Students]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 13. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.2055.

Saihu, M. (2020). P-issn: 2716-098x, e-issn: 2716-0971. 2(September 2019), 62–79. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.116.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400.

Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2020). Dedi Wahyudi. 5, 35–48. https://scholar.google.co.id/citations?user=2fZ0mqsAAAAJ&hl=id.

Yasiko, D., Guslinda, & Syahrilfuddin. (2021). Analisis Kompetensi Sosial Guru Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Indonesian Research Journal on Education, 1(3), 114–120. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/irje/article/view/1761/0.

Downloads

Published

2021-09-22

How to Cite

Julita, V., & Dafit, F. (2021). Analisis Kompetensi Sosial Guru Kelas Vb Sdn 001 Pasar Lubuk Jambi Kab. Kuantan Singingi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 290–294. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.39334

Issue

Section

Articles