E-Learning Bebasis Wordpress Sebagai Alternatif Media Pembelajaran

Authors

  • Fahmi Achta Pratama Universitas Negeri Padang
  • Hansi Effendi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41534

Keywords:

e-learning, wordpress, media pembelajaran

Abstract

Kendala dihadapi oleh dosen dan mahasiswa pada pembelajaran Bahasa Pemprograman saat menggunakan e-learning. E-learning seringkali error ketika diakses, apalagi pada jam-jam sibuk. Tujuan penelitian ini adalah merancang e-learning berbasis wordpress sebagai alternatif media pembelajaran Bahasa Pemprograman, kemudian mengujinya, dan menganalisis tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifannya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model Borg and Gall. Desain penelitian ini diantaranya: potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk final. Subjek penelitian ini adalah 2 orang validator ahli media pembelajaran, 2 orang ahli materi Bahasa Pemprograman. Subjek uji coba adalah 2 orang dosen Bahasa Pemprograman, 5 orang mahasiswa diuji coba terbatas dan 30 orang mahasiswa diuji coba pemakaian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan ahli materi, angket kepraktisan pada uji coba terbatas dan uji coba pemakaian serta hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah validasi ahli media nilai 0,902 (valid), ahli materi nilai 0,842 (valid). Diuji coba terbatas, e-learning berbasis wordpress mendapat nilai 80% (praktis) dari mahasiswa dan mendapat nilai 88,75% (praktis) dari dosen. Pada uji coba pemakaian nilainya 82,83% (praktis) dari mahasiswa. Untuk uji coba efektivitas diuji coba pemakaian, 86,67% mahasiswa dapat nilai ≥ 70 (efektivitas secara klasikal). Dan ditinjau secara Gain Score mendapat nilai 54,25% (sedang). Jadi, e-learning berbasis wordpress layak, praktis dan efektif sebagai alternatif media pembelajaran Bahasa Pemprograman.

Author Biography

Fahmi Achta Pratama, Universitas Negeri Padang

Program Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

References

Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning dan Peningkatan Kompetensi Siwa SMK di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi, 5(2), 170–182. https://doi.org/10.30738/jtv.v5i2.2475.

Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan e-learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di era new normal. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 248. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran Edisi Revisi. PT Raja Grafindo Persada.

Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377–2394. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.

Azizah, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Untuk Guru- Guru Sd Negeri 3 Melayu Muara Teweh Online Learning Training During the Covid 19 Pandemic for Teachers Sd Negeri 3 Malay Muara Teweh. BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78–83. https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/BBJM/.

Azwar, ‪Saifuddin. (2018). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Pustaka Belajar.‬

Bani Hani, A., Hijazein, Y., Hadadin, H., Jarkas, A. K., Al-Tamimi, Z., Amarin, M., Shatarat, A., Abu Abeeleh, M., & Al-Taher, R. (2021). E-Learning during COVID-19 pandemic; Turning a crisis into opportunity: A cross-sectional study at The University of Jordan. Annals of Medicine and Surgery, 70(September), 102882. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102882.

Budi, S. P., Suprapti, Danang, & Febryantahanuji. (2019). Media Pembelajaran E-Learning Dengan Metode Parsing Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Sistem Komputer, 14(2), 105–115. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644.

Cyly Arrum Dalu, Z., & Rohman, M. (2019). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bagi Siswa SMK. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 04(1), 25–33. https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i1.4132.

Dian Ari Widyastuti. (2017). Evaluasi Layanan Bimbingan Kelompok di Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Model Kesenjangan (Dispcrepancy Model). Junal Konseling Gusjigang. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1603.

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4.

Fivia Eliza, Pranata, N., & Fadli, R. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Course Lab Dalam Pembelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/tip.v12i1.

Gall, M., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2012). Applying Educational Research. Pearson.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Hartati Susanto, P. S. (2020). Peran Pemuda Tani Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Tingkat Petani (Kasus Di Kabupaten Magelang). BASKARA : Journal of Business & Entrepreneurship, Vol 2, No 2 (2020): Baskara : Journal of Business and Entrepreneurship, 107–112. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.107-112.

Ihsan, M. S., Ramdani, A., & Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA, 14(2), 84–87. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1238.

Ikram, A. F. Z., Elvia, R., & Handayani, D. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Presentasi Online Prezi Pada Materi Konsep Mol Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara). Alotrop, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16488.

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.25648.

Istiqamah. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Kooperatif Tipe Stad. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5034.

Karollina, N., Hidayati, U., & Syaflita, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dan Google Form Pada Pembelajaran Ipa Di Mts Darul Hikmah Pekanbaru. Riau Education Journal, 1(1), 21–27. https://jurnal.pgririau.or.id/index.php/rej/article/view/8.

Khusniyah, T. W. (2020). Efektivitas E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6283.

Kurniasari, D., Kurniasari, D., & Marta, M. S. (2017). Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Efektivitas Pengendalian Anggaran Di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 53(4), 130. https://doi.org/10.26905/pjiap.v2i2.1446.

Lilis, A., Ulfah, S. I., & Endang, D. R. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid 19. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(November), 72–81. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i1.4333.

Listari, A. W., Mangesa, R. T., & Muliadi. (2020). Penerapan Tutor Sebaya Dalam Implementasi Strategi CIRC Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 5 Makassar. Jurnal MediaTIK, 3(3), 13. https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i3.15174.

Muharto, M., Hasan, S., & Ambarita, A. (2017). Penggunaan Model E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Microprocessor. IJIS-Indonesia Journal on Information System, 2(April). https://doi.org/10.36549/ijis.v2i1.26.

Muliono, R. (2016). Optimasi Website Berbasis Cms Pada Google Pegespeed. CESSJournal Of Computer Engineering, System And Science, 1(2), 32–35. https://doi.org/10.24114/cess.v1i2.4065.

Muslimah, S. L., Rosalina, E., & Febriand, R. (2019). Pengembangan LKS Tematik berbasis Outdoor Learning pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1069 ISSN.

Ningsih, S. R., & Erdisna. (2021). Implementasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.35145/joisie.v5i1.1307.

Prasetya, M. A. (2015). E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797.

Radhiani, A., & Sirwan. (2019). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal MediaTIK, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.26858/jmtik.v2i1.9822.

Ratnawati, N. K. M., Utama, I. B., & Dewantara, I. P. M. (2019). Pemanfaatan E-Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(1), 46–56. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20300.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Rijal, A., & Sofiarini, A. (2019). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sd Berbasis Aplikasi Moodle Di Pgsd. Jurnal Basicedu, 3(4), 2071–2082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.266.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Saluky, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 80–90. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.685.

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254.

Saputra, W. N. E. (2019). Evaluasi Model Discrepancy: Salah Satu Model Evaluasi Program Konseling. Insight Jurnal. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.081.03.

Sari, R. M. M., & Priatna, N. (2020). Model-Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 (E-Learning, M-Learning, AR-Learning dan VR-Learning). Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 107–115. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/699/591.

Setyawati, R. D., Happy, N., & Murtianto, Y. H. (2018). Instrumen Angket Self-Esteem Mahasiswa Ditinjau Dari Validitas Dan Reliabitas. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 174–186. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1932.

Sianturi, S. R., & Lisum, K. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Evaluasi E - Learning pada Institusi Keperawatan di Jakarta dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 31. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969.

Universitas Negeri Padang. (2018). Buku Pedoman Akademik UNP. UNP Press.

Weni, D. M., & Isnani, G. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 114–123. https://doi.org/2527-905X.

Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4, 100–115. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5340.

Widodo, G. S., & Hidayah, L. (2020). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 114–123. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4189.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409.

Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 212–223. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10285.

Zulkarnain, A., Tirtana, A., & Susanto, D. W. S. (2020). Sistem Informasi Karya Inovatif berbasis CMS Wordpress Studi Kasus STIKI Malang. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(2), 93. https://doi.org/10.32815/jitika.v14i2.474.

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Pratama, F. A., & Effendi, H. (2021). E-Learning Bebasis Wordpress Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 466–475. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41534

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)