Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279Keywords:
Komik Digital, Tri Hita Karana, Siklus Air.Abstract
Ketersediaan media pembelajaran inovatif dan terintegrasi nilai budaya di sekolah terbatas khususnya pada muatan IPA topik siklus air. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD yang teruji validitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memanfaatkan Model 4D yang tersusun atas tahapan define, design, development, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah media komik digital berbasis tri hita karana sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu validitas dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan dua ahli media yaitu dosen yang memiliki kompetensi dalam bidang media pembelajaran, dua ahli materi meliputi dosen dengan kompetensi dalam bidang materi pembelajaran, dua orang guru sebagai ahli praktisi dan 12 orang siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale berupa lembar penilaian. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase skor. Berdasarkan hasil analisis data, persentase skor validitas media komik digital berbasis tri hita karana dari ahli materi sebesar 97,5%, ahli media sebesar 97,5%, dan praktisi/guru sebesar 98%. Secara keseluruhan validitas media komik digital berbasis tri hita karana yaitu sebesar 97,6 % yang berada dalam rentangan skor 90-100% dan memperoleh kualifikasi sangat baik. Persentase skor dari respon siswa yaitu sebesar 96,1% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut, media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air Kelas V SD layak untuk dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran.
References
Agustika, P. dan S. (2019). Pengaruh Model Pakem berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education., 3(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659.
Ardithayasa, W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation ( GI ) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105
Arywiantari, D., Agung, A. . G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 3. https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611.
Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 111. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi, IX(1), 37–50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Burns, M. T. (2018). Effective Use of Comic Strip Development in an Online Learning Environment. Journal of Nutrition Education and Behavior, 50(7), S57. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2018.04.086. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jneb.2018.04.086
Davy Tsz Kit, N. G., Luo, W., Chan, H. M. Y., & Chu, S. K. W. (2022). Using Digital Story Writing as a pedagogy to Develop AI Literacy among Primary Students. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100054. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100054. DOI: https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100054
Degner, M., Moser, S., & Lewalter, D. (2022). Digital Media in Institutional Informal Learning Places: a Systematic Literature Review. Computers and Education Open, 3, 100068. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100068. DOI: https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100068
Dewi, L. N. P. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Belajar Ekosistem dengan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Filmora untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 493. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37138. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37138
Dhanawaty, N. M. (2019). Perlunya Pembelajaran Bahasa Bali Yang Rekreatif Di Sekolah. JPKS : Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1). https://doi.org/10.31503/madah.v4i2.534. DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v4i2.534
Erfan, Muhammad, Arif Widodo, Umar, Radiusman, T. R. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447
Firdaus Ahmad & Dea Mustika. (2019). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35
Fitrahminarsih, N., Syarif, S., Ahmad, M., Budu, & B, Y. S. (2021). Web-Based Learning Media The Skills of Suturing Rupture Perineum of Midwifery Students. Gaceta Sanitaria, 35, S248–S250. https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2021.07.017. DOI: https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2021.07.017
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Handayani, N. L. P. A. E., Bayu, G. W., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Video Pembelajaran pada Muatan IPA Topik Perubahan Energi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 420. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39732. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39732
Harmawati, D., Hasanah, N., Belwawin, S. M., & Hidayat, S. H. (2020). Developing of an Educative Comic on The Theme of Clean and Healthy Life for Grade 2 Students of The Elementary Schools of YPPK Biankuk Merauke. Enfermeria Clinica, 30, 371–373. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.120. DOI: https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.07.120
Hu, X., Chen, J., & Wang, Y. (2021). University Students’ Use of Music for Learning and Well-Being: a Qualitative Study and Design Implications. Information Processing and Management, 58(1), 102409. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2020.102409. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ipm.2020.102409
Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017. DOI: https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Jaya, K. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 57–67. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642
Karthika Devi, M. S., Fathima, S., & Baskaran, R. (2020). CBCS - Comic Book Cover Synopsis: Generating Synopsis of a Comic Book with Unsupervised Abstractive Dialogue. Procedia Computer Science, 172, 701–708. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.100. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.100
Lutfiryatur Rohmah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI AL Wathoniyah 1 Jakarta Utara. Universitas Syarif Hidayatulah Jakarta. DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886
Madiya, W. (2020). Pengembangan Aplikasi E-UKBM Kimia Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas XI SMAN Bali Mandara. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 142–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003785.
Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIRA : Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(4), 418–429. https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.107. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.107
Masnuna, M., Kusuma Wardani, N. I., & Kadiasti, R. (2020). Desain Aplikasi SALIM sebagai Media Pembelajaran untuk Menanggulangi Tindakan Kenakalan Remaja. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(1), 100–114. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.3327. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.3327
Nasozaro, H. O. (2019). Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Warta, 62, 24–33. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.504.
Oh, E. (2019). Research on The Effective of Peer Instruction and Students’ Involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 33, 199–208. https://doi.org/10.35873/ajmahs. DOI: https://doi.org/10.35873/ajmahs
Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas II A SDN 78 Pekanbaru Riau. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105
Paramandhita, A. (2017). Penerapan Ajaran Tri Hita Karana pada Anak Usia Dini di TK Dharmayasa Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 1(2). DOI: https://doi.org/10.25078/jpah.v1i2.237
Pratiwi, D., Santi, D., Liliana, I., Dewi, K., & Praja, E. S. (2022). Pelatihan Pembuatan Komik Berbasis Literasi Numerasi pada Materi Pecahan Bagi Guru : Usaha Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD Kecamatan Sumber. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i1.27911.
Rahmawati, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA SD Materi Siklus Air Berbasis Metode Montessori. Skripsi.
Rezaie, S. H. S., & Barani, G. (2011). Iranian Teachers’ Perspective of The Implementation of Audiovisual Devices in Teaching. Procedia Computer Science, 3, 1576–1580. https://doi.org/10.1016/j.procs.2011.01.052. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2011.01.052
Rito, R., & Azzahra, F. (2018). Peran Audit Internal dalam Good Corporate Governance Bank Syariah di Indonesia. Agregat, 2(1), 79–99. https://doi.org/10.22236/agregat.
Rohani, K. dan. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Axiom, VII(1).
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213. DOI: https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Sedana Putra, I. G. A., & Semara Putra, D. K. N. (2021). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning in Science pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119. DOI: https://doi.org/10.33087/istoria.v1i1.6
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Tato Nugroho & Fauzi. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728. DOI: https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 24(3), 299. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422
Wahyudi, I. M. D., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Tri Hita Karana pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V SD. Jurnal Pedaagogi dan Pembelajaran, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105
Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384
Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534
Yang, J., Zhang, Y., Pi, Z., & Xie, Y. (2021). Students’ Achievement Motivation Moderates The Effects of Interpolated Pre-Questions on Attention and Learning from Video Lectures. Learning and Individual Differences, 91(152), 102055. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102055. DOI: https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102055
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Yuliana. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2). https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588
Zahroh, H. (2017). Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba’unnur Bululawang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 469. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4281. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4281
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Ketut Rauh Supartayasa, I Made Citra Wibawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)