Kontribusi Kepemimpinan Transformational dan Komitmen pada Profesi terhadap Disiplin Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.44813Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Komitmen, Disiplin KerjaAbstract
Upaya peningkatan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kedisiplinan guru. Upaya tersebut masih belum maksimal, hal ini dilihat dari masih banyaknya guru yang melanggar kedisipinan kerja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformational dan komitmen pada profesi terhadap disiplin kerja guru. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 550 orang. Dalam penelitian ini, sampel diambil menggunakan tekhnik proporsional random sampling, sebanyak 165 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi IBM Statistic SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan transformational terhadap disiplin kerja guru diperoleh persamaan Y=19.700+0,930 dengan koefisien 0,930. Terdapat kontribusi yang signifikan antara komitmen pada profesi terhadap disiplin kerja guru diperoleh persamaan Y=-8.889+1,643 dengan koefisien 1,643. Secara bersama-sama terdapat kontribusi yang sinifikan kepemimpinan transformational dan komitmen pada profesi terhadap disiplin guru diperoleh persamaan Y=-11.086 +0,293+1,294. Hal ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformational berpengaruh terhadap disiplin guru dengan koefisien sebesar 0,293, dan komitmen pada profesi (x2) berpengaruh terhadap disiplin kerja guru dengan koefisien sebesar 1,294. Maka, kepemimpinan transformational kepala sekolah dan komitmen pada profesi memberikan kontribusi terhadap peningkatan disiplin kerja guru.
References
Alhusaini, A., Kritiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.628
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16
Arifah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SD Negeri Candirejo 01 Tahun 2014 - 2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 116–130. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p116-130. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p116-130
Astuti, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79. DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79
Dahlim. (2021). Upaya Meningkatan Mutu Pembelajaran melalui Supervisi Akademik dan Bimbingan Berkelanjutan. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277
Gumilar, G. G., & Munzir, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Global Indo-Asia Batam. Jurnal Dimensi, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1710. DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1710
Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri dan Motivasi terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592.
Jainuddin. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Produktif SMK Negeri 3 Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 643–662. https://doi.org/10.38035/JMPIS.
Jaya, Indra dan Lubis, J. (2019). Komitmen Membangun Pendidikan. CV Widya Puspita.
Juarman, J., Rahmawati, N. N., & Lestari, D. (2020). Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun. Publikasi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11649. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11649
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21
Kurniawati, E, Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12.
Kurniawati, Emilia, Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12
Lusiana, N. P. M. (2018). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 440–449. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076
Mahfud. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolaj, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosisal, 2(1), 2–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.359
Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 15. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.72. DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.72
Nugraheni, A. S., & Rahmayanti, R. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(November), 277–294. https://doi.org/http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/1219.
Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja, terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 11(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Purnomo, E., & Saragih, H. J. R. (2016). Teori Kepemimpinan dalam Organisasi (S. Puspita Jaya (ed.)). Yayayasan Nusantara Bangun Jaya.
Purwanto, J. P. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas melalui Reward and Punishment di SDN Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 58–69. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1903. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.365
Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru SMP. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658. DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658
Rochimah, H., Rugaiyah, R., & Ahmad, M. (2018). Supervisi Kepala Sekolah dan Konsep Diri dalam Disiplin Kerja Guru PNS di SMP Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.18539. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.18539
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41. DOI: https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41
S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785. DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785
Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874
Sauri, A. S., Widyasari, W., & Sesrita, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. TADBIR MUWAHHID, 2(1), 73. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160. DOI: https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1160
Septrisia, R., Monia, F. A. M. A., & Hanafi, I. (2020). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Ddjalaluddin. MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 106–116. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/232.
Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063
Syaputra, M. D., Makhdalena, M., & Sumarno, S. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(2), 146. https://doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155. DOI: https://doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155
Ulum, M. B., Sarwoko, E., & Yuniarinto, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 299 – 307. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p299. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p299
Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238–245. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019
Wardany, D. K. (2020). Kontribusi Kepemimpinan dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen dan Keguruan, 1(2), 73–82. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/479.
Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(4), 176–184. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11983. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i2.12934
Wolomasi, A. K., Werang, B. R., & Asmaningrum, H. P. (2019). Komitmen Kerja dan Pengaruhnya terhadap Semangat dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1572. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1572
Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23. DOI: https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leni Sadianah, Yayat Ruhiat, Nandang Faturohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)