Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Media Power Point
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.25583Abstrak
Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD disebabkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan guru jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran Examples Non-Examples berbantuan media Power Point. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non-Examples berbantuan media Power Point terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini yaitu Eksperimen Semu dengan desain penelitian Non-equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 134 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh sampel 22 orang sebagai kelompok kontrol dan 20 orang sebagai kelompok eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal. Data yang dikumpulkan yaitu data hasil belajar IPA yang dianalisis menggunakan uji-t. Data dianalisis menggunakan uji t dan diperoleh hasil thitung sebesar (5,06) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil ttabel sebesar (2,02). Hal ini berarti bahwa (thitung > ttabel)sehingga H0 ditolak dan H1diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan dan kelompok siswa yang tidak diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples berbantuan power point. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Examples Non-Examples berbantuan media Power Point berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.
Referensi
Abidah, Z., & Samawi, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Tunagrahita Kelas VII. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 205–211.
Al Qodri, M. W., Edie, S. S., & Khumaedi, K. (2015). Penerapan Media Physicusic Dalam Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Hukum Newton Kelas 8 SMP NEGERI 3 UNGARAN. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(3).
Angeline, N dan Utomo, P. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Power point dan Animasi Berbasis Macromedia Flash dengan Model Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal UNY, 1 (4).
Bahar, I., & Bahri, A. (2018). Penggunaan Media Powerpoint dan Animasi terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar. CELEBES BIODIVERSITAS, 2(1), 1–8.
Dewi, N. L. P. S., Putra, M., & Darsana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran GI Berbantuan Media Lingkungan Sosial Budaya Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Gugus II Tampaksiring. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Djafar, N. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Bionature, 15(2).
Elpira, N & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Media Power Point Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal.Uny.Ac.Id, 2 (1), 94–104.
Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint Dan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Retensi Memori Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27.
Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (1), 20–29.
Kaminar. (2016). Pendekatan Inquiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Partisipasi, dan Hasil Belajar Siswa.
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y. Y. F. R., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.
Kurniasih, I. dan B. S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. In Kata Pena. Kata Pena.
Kusrini, K., Supriyadi, S., Bahri, S., Palittin, I. D., Rahayu, M., Silubun, H. A., & Loupatty, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 027–032.
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98–106.
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.
Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education, 2(1).
Putra, A. A. N. M., Renda, N. T., & Syahruddin, S. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–10.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Saraswati, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2).
Setyawan, B. (2019). Augmented Reality Dalam. 07(01), 78–90.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Srimaya, S. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53–68.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor.
Susanti, R. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Wardika, I. K., Made Sulastri, M. P., & Dibia, I. K. (2014). Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kls V SD Di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. MIMBAR PGSD Undiksha, 2 (1).
Wisudawati, A. W & Sulistyawati, E. (2015). Metodelogi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)