Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631Abstrak
Rendahnya hasil belajar IPA berdasarkan nilai ulangan tengah semester pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Buleleng yaitu dengan rata-rata 65,80 dari 113 orang siswa, 44 siswa dinyatakan tuntas atau menunjukkan pencapaian prestasi sudah mencapai KKM, dan sebanyak 69 siswa yang belum tuntas atau menunjukkan pencapaian prestasi belum mencapai KKM. Hal ini menjadi alasan utama dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dan menggunakan desain eksperimen non equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini melibatkan siswa dengan jumlah 113 orang pada 5 kelas siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Buleleng. Penentuan sampel menggunakan teknik simpel random sampling sehingga diperoleh kelas V SDN 1 Penarukan sebagai kelompok eksperimen dan SDN 5 Penarukan sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok ekperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (kelompok eksperimen=19,68 > kelompok kontrol=18,10). Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t dengan rumus polled varians diperoleh hasil thitung sebesar 2,34 pada taraf signifikansi 5% dengan db = (n1 + n2) – 2 = (25 + 21) – 2 = 44 dan ttabel sebesar 2,02, sehingga thitung > ttabel (2,34 > 2,02). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agustina, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Ahmad Susanto, M. P. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Amin, S. F., Ramlawati, R., & Yani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media PPT Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 2(2).
Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107.
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. B. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103–112.
Candiasa, I. (n.d.). Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BGSTEPS. Singaraja. Undiksha Press.
Candra, A. A. B. T. A., Sujana, I. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).
Dewi, G. K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 1(1), 8–18.
Khofiyah, H. N., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67.
Koyan, I. W. (2011). Asesmen dalam pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Koyan, I. W. (2012). Statistik pendidikan teknik analisis data kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 73–82.
Nugraha, A. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Kelas 5. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 575–586.
Putra, I. D. G. W., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Gugus II Kecamatan Tampaksiring. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Putri, N. T. A., & Marpaung, R. R. T. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(4), 22–32.
Putri, S. K., & Ratna, S. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Semester 2 Pada Materi Pokok Himpunan Di SMP Muhammadiyah 36 Tanjung Tiram. SEMNASTIKAUNIMED
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246–253.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Simbolon, R. F. R., & Situmorang, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Di Kelas X SMA N 11 Medan TP 2017/2018. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(3).
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. (2003). Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Wahyuni, T. (2019). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Busana Melalui Media Mind Mapping Pada Peserta Didik Kelas XII SMKN 2 Boyolangu Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 4(2), 35–42.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147–157.
Wijayanto, S. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Bintoro 4 Demak. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 8(1), 56–76.
Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
Yuniarti, D., Abadi, I. B. G. S., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)