Pengembangan Modul Hukum Mendel Dan Penyimpangan Semu Hukum Mendel Bersetting Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29051Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diikuti dengan eksperimen semu bertujuan untuk mengahasilkan modul hukum mendel dan penyimpangan semu hukum memdel yang memenuhi syarat validitas baik dari sisi isi maupun konstruknya dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Prosedur pengembangan menggunakan model spiral Cennamo dan Kalk yang meliputi lima fase yakni: (1) define; (2) design; (3) demonstrate; (4) develop; dan (5) deliver. Rancangan eksperimen menggunakan Posttest-Only Control Group Design dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul hukum mendel dan penyimpangan semu hukum memdel yang dikembangkan beserta perangkat pendukungnya memenuhi validitas baik dari sisi isi maupun konstruknya dengan Nilai content validity index Aiken” s (V) untuk modul, RPP, LKS, dan alat evaluasinya berturut-turut sebesar 0.894, 0.905, 0.908, dan 0.920 lebih besar dari nilai V tabel sebesar 0.79. (2) modul hukum mendel dan penyimpangan semu hukum mendel yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai uji T-tes pada eksperimen sebesar 24,175 dengan sig. 0.000 yang jauh lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 0.05. Nilai rata-rata siswa pada kelompok control sebesar 62.402 dan nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen sebesar 82.033. Ini berarti bahwa siswa yang diajar menggunakan modul prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan modulReferensi
Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single item or queationnaires. Educational and Psychological Measurement, 40, 955–959.
Cennamo, K., & Kalk, D. (2005). Real world instructional design. Thomson Wadsworth.
Darojat, Q., Mustika, H., & Suyadi, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 207–213. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8321
Dasna, I. W. (2015). Modul: Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif, Universitas Terbuka,. (Online), (https://repository.ut.ac.id/ 4324/1/MPDR5203-M1.pdf), 1–61.
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Depdiknas.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Hidayat, I., Malikhah, S., & Ruminiati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan. JPTPP, 2(4), 562–568.
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Kusnandi. (2017). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare To Be Different.” Journal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194
Moghadasi, M., & Najafi, P. (2017). The effect of yoga training on enhancement of Adrenocorticotropic hormone (ACTH) and cortisol levels in female patients with multiple sclerosis. Complementary Therapies in Clinical Practice, 26, 21–25. https://doi.org/10.1016/j.ctcp.2016.11.006
Musrifah, M. (2019). Analisis Kritis Permasalahan Pendidikan Islam Indonesia di Era Global. Journal of Islamic Studies and Humanities, 3(1), 67. https://doi.org/10.21580/jish.31.2341
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas VI SD Negeri 20 tembilahan hilir. jurnal pajar (Pendidikan Dan Pengajaran) Program, 1(1), 1–10.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Suastika, I. K. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Berbasis Tematik Saintifik. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 24–32. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2177
Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasr.
Tegeh, M., Pudjawan, K., & Jampel, N. (2015). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 95. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468
Ulfa, K., Jalmo1, T., & Arwin, S. (2019). Bioedusiana The Application of Cooperative Learning Models Jigsaw Type in Improving Students ’. Bioedusiana, 4(2), 92–99. https://doi.org/10.34289/292823
Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)