Website E-Learning Menggunakan Web Responsive PHP dan Database MYSQL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42448Kata Kunci:
Database MYSQL, E-Learning, PHPAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterbatasan sumber belajar yang ada sehingga menyebabkan banyak aspek dalam bidang pendidikan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adala Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Website E-Learning menggunakan Web Responsive PHP dan DataBase MYSQL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian ini menggunakan analisis Model pengembangan 4-D tahap utama yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembanagan), dan Disseminate (Penyebaran) langkah utama dalam penelitian tidak hanya merunut versi asli tetapi disesuaikan dengan karakteristik subjek dan tempat asal examinee. Uji coba dilakukan pada 6 orang guru dan 30 orang siswa. Hasil uji validitas oleh para ahli Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Website E-Learning 86,5%, sehingga tingkat validitas dapat di interpretasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap media pembelajaran Website E-Learning sebesar 88,07%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interpretasikan sangat praktis digunakan. Hasil penilaian uji efektivitas Secara keseluruhan penilaian efektivitas media pembelajaran Website E-Learning sebesar 91,7%, sehingga tingkat efektivitasnya dapat di interpretasikan efektif digunakan. Berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran Website E-Learning sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran.
Referensi
Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning sebagai Media Pembelajaran Conversation pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884. DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884
Alqudah, N. M., Jammal, H. M., Saleh, O., Khader, Y., Obeidat, N., & Alqudah, J. (2020). Perception and Experience of Academic Jordanian Ophthalmologists With E-Learning for Undergraduate Course During the COVID-19 Pandemic. Annals of Medicine and Surgery, 59(June), 44–47. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.014
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Dewi, B. E. K., & Sumarni, W. (2020). Efektivitas Penggunaan Media E-learning Berbasis Website terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Chemistry in Education, 9(2), 77–82.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5, 88–105.
Farman, & Chairuddin. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114
Febriana. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Dunia Kerja pada Program D3 Tata Boga. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 148–155. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8891
Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417
Geasela, Y. M., Ranting, P., & Andry, J. F. (2018). Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation. JURNAL INFORMATIKA, 5(2), 2 70~277. https://doi.org/10.31294/ji.v5i2.3741. DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3741
Haruna, N. A., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Penerapan E-Learning Menggunakan Media Edmodo dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Konsep Usaha dan Energi. Physics Education Research Journa, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6737. DOI: https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6737
Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346
Hidayat, O. S. (2021). Pengembangan Konten E-Learning Motion Graphic dan Website Wordpress pada Pembelajaran Warga di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(6), 5436–5444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1668. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1668
Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan, 6(2), 206–219. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Huda, Irkham Abdaul, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Mayer, R. E. (2019). Searching for the Role of Emotions in E-Learning. Learning and Instruction, (May), 101213. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.05.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.05.010
Melani, Y. I. (2019). Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design. Jurnal SISFOKOM, 8(1), 39–45. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.597. DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.597
Meryansumayeka, Virgiawan, M. D., & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematik. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.5094.29-42.
Miraza, R., Jufrida, J., & Pathoni, H. (2018). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3). https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1397. DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1397
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 pada MataPelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 01. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Putra, M. Y. (2020). Responsive Web Design Menggunakan Bootstrap dalam Merancang Layout Website. Information System for Educators and Professionals, 5(1), 61 – 70.
Raden Dimas Yusuf Septian Putra, Susilaningsih, & Abidin, Z. (2020). Pengembangan Media Website E-Learning Berbasis Model Responsive Web Design untuk Siswa Sma. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 292–302. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p29 2.
Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676
Rediasih, Suwatra, & Putri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Debate terhadap Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id.
Romindo. (2017). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web pada SMA Padamu Negeri Medan. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 75–80. Retrieved from https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/10015.
Widiastuti, Y. K. W., Rasmani, U. E. E., & Wahyuningsih, S. (2020). Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe dalam Pembelajaran Literasi Sains untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436
Zeng, Y., Gao, J., & Wu, C. (2014). Responsive Web Design and Its Use by an E-Commerce Website. International Conference on Cross-Cultural Design, 509–519. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-07308-8_49
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sukardi, Teguh Ikhsani Putra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)