Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Putu Kusuma Widiastuti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Komang Surya Adnyana Stah Negri Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42473

Kata Kunci:

Keterampilan Menulis, Instrumen, Penilaian

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan instrument penilaian keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan mode 4D. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 2 orang ahli bidang studi dan ahli pengukuran. Subjek uji coba penelitian yaitu siswa sekolah dasar. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner. Setelah instrumen divalidasi oleh ahli, kemudian data akan dianalisis dengan memasukkan skor hasil uji ahli ke dalam tabel tabulasi silang. Mengukur validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Gregory. Dalam mengukur validitas butir digunakan korelasi Product Moment. Uji reliabilitas instrumen pengukuran kemampuan menulis dilakukan menggunakan rumus Alpha Cronbacth. Hasil hitung pengujian validitas instrumen keterampilan menulis siswa mendapatkan nilai 1 sehingga berada pada kriteria sangat tinggi. Jumlah instrumen yang valid sebanyak 5 butir, dengan persentase instrumen valid yaitu 100% (sangat tinggi). Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan didapatkan tingkat reabilitas soal sebesar 0,87 dengan kategori “Sangat Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrument penilaian kemampuan menulis siswa berada dalam kategori valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan dalam proses penilaian.

Biografi Penulis

Ni Putu Kusuma Widiastuti, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Pendidikan Dasar

Ida Bagus Putrayasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Pendidikan Dasar

Referensi

Adriani, E. Y., Subyantoro, S., & Mardikantoro, H. B. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Permulaan yang Bermuatan Nilai Karakter pada Peserta Didik Kelas I SD. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(1), 27. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.445. DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i1.445

Agusti, R., Syahrul, & Hakim, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930–942. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.820. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.820

Airlanda, G. S., & Nugroho, A. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 400. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29712. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29712

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Arifin, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran STEM Problem Based Learning Ditinjau dari Daya Juang dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 31. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1644. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1644

Cahyani, S. A., & Satriyani, F. Y. (2020). Penerapan Kurikulum 2013 di SDSN Kalibata 11 Pagi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(2), 348–376. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1273. DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1273

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W., & Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 227. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary /article/view/412.

Fitriana, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Mind Map terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas XI SMA PAB 9 Patumbak Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018.

Fitrianita, D., & Ramadhan, S. (2018). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 55–61. https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda

Ganing, N. N., Dewi, N. N. K., & Kristiantari, M. . R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hayati, N. (2021). Implikasi Aspek Keterampilan Berbahasa Indonesia terhadap Linguistik Sinkronis pada Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 4(1), 47. https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41407. DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41407

Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975. DOI: https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Luvita, R. D., Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.515. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.515

Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., & Betri, A. (2021). Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771–4776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SD gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495

Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825

Nurbayati, S., Soendari, T., & Sunaryo. (2018). Instrumen Asesmen Menulis Permulaan pada Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan. Jassi Anakku, 19(2), 32–38. https://doi.org/10.17509/jassi.v18i2.15444.

Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574

Prihantini, P. (2018). Kajian Ide Kurikulum 2013 Paud dan Implikasinya dalam Pengembangan KTSP. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10535. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10535

Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i1.9236. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v5i1.9236

Saharah, S., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–15. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Sholeh, A., Veryliana, V., & Darsimah, D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. Jurnal Paedagogy, 8(3), 454. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3910. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3910

Simanjuntak, I. A., Akbar, S., & Mudiono, A. (2019). Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1097. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12686. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12686

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26

Yamtinah, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, & I Wayan Lasmawan. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262

Yuliana, R., & Dewi, T. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Yusrie, C. S., Ernawati, E., Mudrikah, A., Barlian, U. C., & Paramansyah, A. (2022). Standarisasi dan Profesionalisas Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Industri 4.0. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 185–210. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.862. DOI: https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.862

Diterbitkan

2022-04-22

Cara Mengutip

Widiastuti, N. P. K., Putrayasa, I. B., & Adnyana, K. S. (2022). Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 50–56. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.42473

Terbitan

Bagian

Articles