Validasi Alat Ukur Kepuasaan Pembelajaran Online: General Satisfaction Scale (GSS)

Penulis

  • Miftah Fariz Prima Putra Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45782

Kata Kunci:

General Satisfaction Scale (GSS), Instrumen, Pembelajaran Online, Kepuasan Mahasiswa

Abstrak

Kepuasaan mahasiswa dalam pembelajaaran online diyakini sebagai indikator penting kualitas pembelajaran di perguruan tinggi. Namun begitu, beberapa instrumen untuk mengungkap dimensi kepuasaan mahasiswa memiliki kelemahan terutama berkaitan dengan banyaknya jumlah item dalam alat ukur tersebut. Di sisi lain, instrumen yang berbahasa indonesia juga belum banyak dikembangkan. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji General Satisfaction Scale (GSS) dalam versi bahasa Indonesia. Metode pengujian menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) yang melibatkan 247 mahasiswa (laki-laki = 128, perempuan = 67) dengan usia rata-rata 19,75±3,5 tahun. Selain GSS, penelitian ini menggunakan Satisfaction with Life Scale (SWLS) untuk mengambil data kepuasaan mahasiswa. Analisis korelasi serta cronbach alpha juga dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menemukan, dari enam item yang ada dalam GSS, 1 item gugur dalam pengujian. Nilai koefisien korelasi GSS versi indonesia bergerak dari 0.582-0.625, sedangkan nilai factor loading bergerak 0.55-0.88. Untuk reliabilitas bergerak dari 0.603-0.844 dan nilai reliabilitas keseluruhan GSS adalah 0.706. Uji validitas konvergen menunjukkan bahwa GSS berkorelasi positif dengan SWLS (r = 0.365, p<0.05). Dengan hasil tersebut maka dapat dinyatakan bahwa GSS versi indonesia yang berjumlah lima item merupakan alat ukur kepuasaan pembelajaran online yang dapat digunakan untuk mengungkap dimensi kepuasaan mahasiswa.

Referensi

Aiken, L., & Groth-Marnatt, G. (2006). Psychological Testing and Assessment. Allyn and Bacon.

Andilala, A., & Marhalim, M. (2019). Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Administrasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pseudocode, 6(2), 172–180. https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.172-180. DOI: https://doi.org/10.33369/pseudocode.6.2.172-180

Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di SMP N Satap 1 Ladongi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Bolliger, D. U., & Martindale, T. (2004). Key Factors for Determining Student Satisfaction in Online Courses. International Journal on E-Learning, 3(1), 61–67. https://doi.org/10.5771/9783845279893-1090-1. DOI: https://doi.org/10.5771/9783845279893-1090-1

Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Hambatan, Tingkat Kesetujuan, Materi, Beban Tugas, Kehadiran, dan Pengelasan Dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296

Chakraborty, I., & Maity, P. (2020). COVID-19 Outbreak: Migration , Effects on Society, Global Environment and Prevention. Science of the Total Environment, 728, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.138882. DOI: https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.138882

Chen, D., Wang, L., & Li, L. (2015). Position Computation Models for High-Speed Train Based on Support Vector Machine Approach. Applied Soft Computing Journal, 30, 758–766. https://doi.org/10.1016/j.asoc.2015.01.017. DOI: https://doi.org/10.1016/j.asoc.2015.01.017

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2008). e-Learning and the Science of Instruction. John Wiley & Sons Inc.

Darmawan, F. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan E-Learning (Studi Kasus: E-Learning IF UNPAS). Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(4), 63–71. https://doi.org/10.3112/speed.v7i4.1378.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367 – 375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Dewi, O., Raviola, R., & Sari, N. P. (2021). Analisis Survei Kepuasan Pelanggan terhadap Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(1). https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss1.874. DOI: https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss1.874

Diener, E. D., Emmons, R. A., & Griffin, S. (1985). The Satisfaction with Life Scale. Journal of Personality Assessment, 49, 71–79. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4901_13. DOI: https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4901_13

Elliott, K. M., & Shin, D. (2002). Student Satisfaction: An Alternative Approach to Assessing This Important Concept. Journal of Higher Education Policy and Management, 24(2), 197–209. https://doi.org/10.1080/1360080022000013518. DOI: https://doi.org/10.1080/1360080022000013518

Fadilah, F., & Mahyuny, S. . (2018). Analisis Faktor yang Memengaruhi Locus of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 02(02), 100–105. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.10731. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10731

Febriyanti, G. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Harga Saham dan Aktivitas Volume Perdagangan (Studi Kasus Saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia). Indonesia Accounting Journal, 2(2), 204 – 214. https://doi.org/10.32400/iaj.30579. DOI: https://doi.org/10.32400/iaj.30579

Garrison, R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. Jossey-Bass. DOI: https://doi.org/10.1002/9781118269558

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh secara Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 115–122. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4222.

Hoofman, J., & Secord, E. (2020). The Effect of COVID-19 on Education. Psychiatry Research, 14(4), 1071–1079. https://doi.org/10.1016/j.pcl.2021.05.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pcl.2021.05.009

Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 1(1), 10–16. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/5. DOI: https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Kline, P. (2000). Handbook of Psychological Testing. Personality and Individual Differences (Vol. 20, Issue 1). Routledge. https://doi.org/10.1016/s0191-8869(96)90047-1. DOI: https://doi.org/10.1016/S0191-8869(96)90047-1

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of E-Module Using Flip Pdf Professional on Temperature and Heat Material IOP Publishing. Journal of Physics, 1572(1), 012017. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017/meta. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Pearson Prentice Hall.

Langford, M., & Damsa, C. (2020). Online teaching in the time of COVID-19: Academic teachers ’ experiences in Norway. Centre for Experiential Legal Learning (CELL), University of Oslo.

Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118. DOI: https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., & Agha, R. (2020). The Socio-Economic Implications of the Coronavirus Pandemic (COVID-19 ): A review. International Journal of Surgery, 78, 185–193. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.04.018. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.04.018

Pinasti, F. (2020). Analisis Dampak Pandemi Corona Virus terhadap Tingkat Kesadaran. Wellnes and Healthy Magazine, 2(2), 237–249. https://doi.org/10.30604/well.022.82000107. DOI: https://doi.org/10.30604/well.022.82000107

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25286.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1). https://doi.org/10.21009/PIP.341.1. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Putra, M. F. P. (2022). Adaptasi dan Validasi Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS) Versi Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 437–444. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.499. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.499

Rahayu, R. P., & Wirza, Y. (2020). Teachers’ Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 392–406. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29226. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29226

Ranganathan, S., Negash, S., & Wilcox, M. (2007). Hybrid Learning: Balancing Face-To-Face and Online Class Sessions. Proceedings of the 2007 Southern Association for Information Systems Conference, 178–182.

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Solehana, L., Asrori, A., & Usman, A. (2019). The Development of E-Learning Teaching Material Based on Edmodo on Basic Competencies of National Integration at Class X of Senior High School. Journal Of Education, Teaching And Learning, 4(2). https://doi.org/10.26737/jetl.v4i2.1914. DOI: https://doi.org/10.26737/jetl.v4i2.1914

Starr, A. M., Betz, E. L., & Menne, J. W. (1971). College Student Satisfaction Questionnaire (CSSQ) Manual.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415. DOI: https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Tabachnick, B. ., & Fidel, L. (2007). Using Multivariate Statistics. In Studies in Nonlinear Dynamics and Econometrics (Vol. 20, Issue 1). Pearson Education, Inc.

Torales, J., Higgins, M. O., Castaldelli-maia, J. M., & Ventriglio, A. (2020). The Outbreak of COVID-19 Coronavirus and Its Impact on Global Mental Health. International Journal of Social Psychiatry, 66(4), 3–6. https://doi.org/10.1177/0020764020915212. DOI: https://doi.org/10.1177/0020764020915212

Ulinuha, G., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Sistem Pembelajaran Daring Berdasarkan End User Computing Satisfaction. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3321. DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3321

Umar, J., & Nisa, Y. F. (2020). Uji Validitas Konstruk dengan CFA dan Pelaporannya. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia), 9(2), 1–11. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i2.16964. DOI: https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i2.16964

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118. DOI: https://doi.org/10.25078/pkj.v24i1.2185

Wandik, Y., Guntoro, T. S., & Putra, M. F. . (2021). Training Center in the Midst of the COVID-19 Pandemic: What is the Indonesian Papuan Elite Athletes ’ Happiness Like? American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(10), 103–109.

Wibisono, S. (2012). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Berbasis Simulasi Menggunakan Importance Performance Analysis (Studi pada Kelas Psikologi Eksperimen). Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia, 1(3), 184–197. https://doi.org/10.15408/jp3i.v1i3.10704.

Z.C, M., S, S., & Ivanti, A. (2016). Survei Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan PT X melalui Alat Ukur Job Satisfaction Scale. Widyakala Journal, 3, 9–22. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.20. DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.20

Diterbitkan

2022-04-22

Cara Mengutip

Putra, M. F. P. (2022). Validasi Alat Ukur Kepuasaan Pembelajaran Online: General Satisfaction Scale (GSS). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45782

Terbitan

Bagian

Articles