Permainan Tematik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Penulis

  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.46564

Kata Kunci:

Permainan, Tematik, PJOK

Abstrak

Kesulitan dalam mengintegrasikan pembelajaran PJOK ke dalam tema dengan alasan belum mendapatkan sosialisasi dan pelatihan karena selama ini yang banyak mendapatkan pelatihan tentang adalah guru kelas dan terbatasnya contoh kegiatan PJOK dalam buku guru maupun buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permainan tematik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1 SD. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai 91,58 berada pada kategori sangat baik artinya produk layak digunakan dalam pembelajaran. Uji kelayakan produk menunjukkan adalah 96,25 (sangat baik), hasil ujicoba kelompok besar adalah 91,25 (sangat baik) dan (3) hasil uji lapangan adalah 92,12 (sangat baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa produk praktis dapat diterapkan dalam pembelajaran PJOK. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai t hitung 7,027 > 2,145 t-tabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan  antara hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil belajar peserta didik lebih baik setelah pemberian permainan tematik. Maka, permainan tematik dalam Pembelajaran PJOK Kelas 1 Tema Kegemaranku layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Referensi

Amalia, M., Adiman, & Hastuti, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10885.

Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020–3026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265

Apriyanti, C. (2020). The Parents Role in Guiding Distance Learning and the Obstacle During Covid-19 Outbreak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(2), 68–83. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/9075. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.68-83

Arie Paramitha, M. V., & Supiati, V. (2020). Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 443–450. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615

Assahary, S. M., Barlian, E., Nurdin, S., & Zulmuqim, M. (2017). The Development of Thematic Learning Model to Improve Students’ Character in an Integrated Learning of Religion Education and Environment Towards Students in Adiwiyata School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 4(6), 1. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v4i6.95. DOI: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v4i6.95

Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4), 1257 – 1266. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545

Chen, Y.-T. (2012). The Effect of Thematic Video-Based Instruction on Learning and Motivation in e-Learning. International Journal of Physical Sciences, 7(6), 957–965. https://doi.org/10.5897/IJPS11.1788. DOI: https://doi.org/10.5897/IJPS11.1788

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Dartini, N. P. D. S., Artanayasa, I. W., & Satyawan, I. M. (2020). Physical Education Thematic Games. International Conference on Elementary Education, 3(1), 460–465. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/1501.

Dhari, P. W., Wajnah, W., & Susanti, N. (2020). Analisis Kesiapan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Journal Of Integrated Elementary Education, 1(2), 75 – 88. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.7749. DOI: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.7749

Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969.

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475

Dos Santos, H. A., & Hudain, A. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Pengembangan Kebugaran Jasmani. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 46–52. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.298. DOI: https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.298

Fatmawati, F. (2021). Efektivitas Model Permainan Kartu Indeks (Index Card Match) Terhadap Hasil Pembelajaran Perkembangan Kognitif Dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Harits. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3616. DOI: https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3616

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894. DOI: https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186.

Imanda Azzahra, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 199–208. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.27213. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.27213

Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.

Justesen, N., Bontrager, P., Togelius, J., & Risi, S. (2020). Deep learning for video game playing. IEEE Transactions on Games, 12(1), 1–20. https://doi.org/10.1109/TG.2019.2896986. DOI: https://doi.org/10.1109/TG.2019.2896986

Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234

Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Kurniasih, I. (2012). Kumpulan Permainan Interaktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak. Cakrawala.

Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran Tematik di SD/MI: Pengembangan Kurikulum 2013. Samudra Biru. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/2eudz

Maulidina, M., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113

Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128.

Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161

Nurfajriah, S., Netriwati, N., & Widyastuti, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Sandi Semaphore Pramuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3178–3189. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825

Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151

Prasetya, A. Y. W. N., Kuswandi, D., & Akbar, S. (2018). Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1423–1427. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11751.

Pratiwi, S. I., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333–340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307

Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694

Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15 DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Rastegarpour, H., & Marashi, P. (2012). The effect of card games and computer games on learning chemistry concepts. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 31, 597–601. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.111. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.111

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Litera Prenada Media Group.

Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing learners’ tematik-integrative worksheet based on character education for primary school students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613

Sebila, F. H., Kusmaedi, N., & Juliantine, T. (2020). Penerapan Teaching Game for Understanding Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Voli. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 14(1), 23–30. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1308. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1308

Sulthoni, W. C. S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa Lapisan Bumi Untuk MTS. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.17977/um038v2i12019p030.

Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal HOTS Berbasis Permainan Ular Tangga pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 103–110. https://doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Syamsuddin, A., & Babo, R. (2021). Mathematics Learning Interest of Students Based on the Difference in the Implementation of Model of Thematic Learning and Character-Integrated Thematic Learning. European Journal of Educational Research, 10(2), 581–591. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.2.581. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.2.581

Takacs, Z. K., Swart, E. K., & Bus, A. G. (2015). Benefits and Pitfalls of Multimedia and Interactive Features in Technology-Enhanced Storybooks: A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 85(4), 698–739. https://doi.org/10.3102/0034654314566989. DOI: https://doi.org/10.3102/0034654314566989

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. 1–23.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Prestasi Pustaka.

Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, E. (2021). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654–664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.405. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.405

Yunitasari, P. F., & Agustini, R. (2013). Pengembangan Media Permainan 7 Icon Chemistry Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 1(3), 98–102. https://core.ac.uk/reader/230683630.

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

Adi, I. P. P., Satyawan, I. M., & Dartini, N. P. D. S. (2022). Permainan Tematik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 189–196. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.46564

Terbitan

Bagian

Articles