Tingkat Potensi Diri Siswa Sekolah Menengah Atas untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.47690Kata Kunci:
Potensi Diri, Melanjutkan Studi, pendidikan tinggiAbstrak
Rendahnya minta siswa untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan tinggi dipengaruhi oleh potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat potensi diri siswa sekolah menengah atas untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan mengambil sampel sebesar 41 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket secara daring. Angket sudah dinyatakan valid dan reliabel melalui uji coba terhadap 29 orang. Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa potensi diri untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi tergolong tinggi. Indikator yang paling tinggi adalah potensi spiritual, dan paling rendah potensi fisik, artinya siswa secara fisik kurang mendukung mereka untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, namun potensi intelektual, potensi emosional, potensi spiritual, potensi ketahanmalangan dan potensi sosial sangat sangat mendukung. Dengan demikian, potensi siswa cukup kuat untuk melanjutkan karena kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental akan memberikan kemungkinan seseorang berhasil karena potensi diri adalah kekuatan diri yang harus diwujudkan secara maksimal.
Referensi
Amaliyah, A., & Rahma, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). “Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461
Fatimah, S. (2018). Pengaruh Potensi Diri, Prestasi Belajar, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Fakultas Ekonomi di Perguruan Tingg. JUPE, 6(2), 28–36. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230753736.pdf.
Fitri, F. (2016). Peningkatan Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Mata Kuliah Mekanika melalui Metode Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika., 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v4i1.391. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v4i1.391
Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. https://doi.org/10.30651/didaktis.v17i1.1555.
Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Prakter Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(c), 75–86. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196
Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Disrupsi, Tantangan dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 2, 364–370.
Masykur, R., Rosidin, U., & Iqbal, A. M. (2018). Implementasi Kurikulum KKNI pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.205. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.205
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.6.1.
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Rohman, A., & Rufiyanto, A. (2020). Komparasi Model Decision Tree untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa di Universitas Pandanaran. Neo Teknika, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.37760/neoteknika.v6i1.1427. DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v6i1.1427
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Setiaji, K., & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 45–59. https://doi.org/10.17977/UM014v10i12017p0 45. DOI: https://doi.org/10.17977/UM014v10i12017p052
Solihat, S., Nurfitri, T., & Nawarini, A. T. (2020). Pengaruh Potensi Diri, Lingkungan Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Di SMAN 1 Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 22(3). https://doi.org/10.32424/jeba.v22i3.1645. DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i3.1645
Sudarwo, R. (2021). Pengaruh Potensi Diri dan Motivasi Terhadap Minat Kuliah di Upbjj-Ut Mataram. Jurnal IlmiahProfesi Pendidikan, 6(3), 442–446. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.267. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.267
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. (2018). Optimalisasi Peran Orangtua dalam Mengembangkan Potensi PAUD. ADIWIDYA, 2(2), 289–298. https://doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2521.
Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25472. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25847
Suryana. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Indonesia. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971. DOI: https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahan Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2. DOI: https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini di masa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 24(3), 299. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422
Utaminingsih, S. (2021). Analisis Rendahnya Minat Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Yang Lebih Tinggi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2). https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i2.y2021.p94-105.
Wijaya, S. A., Susilo, D. K., & Sari, D. S. R. (2021). Faktor Penyebab Kurangnya Minat Anak Keluarga Nelayan Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.42309
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yuliana, S. F., Melia, Y., & Isnaini. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Melanjutkan ke Pendidikan Tinggi. Page 1 SSN: 2614-6754 (Print) ISSN: 2614-3097(Online) Halaman 4862-4867 Volume 5 Nomor 2Tahun 2021 Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4862–4867.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Amalia Salsabila, Said Suhil Achmad , Muhammad Jais, Netti Helmi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)