PROFIL MODEL MENTAL SISWA SMA KELAS X TENTANG KONSEP-KONSEP DASAR KIMIA PADA KURIKULUM SAINS SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16616Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil model mental siswa SMA Kelas X tentang konsep-konsep dasar kimia pada kurikulum sains SMP. Penelitian ini dilakukan dengan teknik sensus di kelas X SMA Negeri Sukasada dengan melibatkan 90 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes diagnostik dua tingkat (two-tier). Analisis data dilakukan secara deskriptif melibatkan hubungan antara jawaban siswa dan argumentasinya dengan melibatkan tiga level kimia. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa profil model mental siswa kelas X tentang konsep-konsep dasar kimia pada kurikulum sains SMP adalah 6,44% model mental ilmiah dan 93,56% model mental alternatif, yang terdiri atas 45,56% model mental benar sebagian, 44,22% model mental miskonsepsi khusus, dan 3,78% tidak ada tanggapan. Sehubungan dengan temuan tersebut, guru-guru sains di SMP perlu membekali diri dengan pemahaman konsep-konsep dasar kimia yang mencakup tiga level kimia dan interkoneksinya. Selain itu, guru kimia di SMA melakukan remidiasi berkaitan dengan konsep-konsep dasar kimia yang telah dipelajari siswa di SMP agar menjadi model konseptual.
References
Adbo, K. & K.S. Taber. 2009. Learners' Mental Models of the Particle Nature of Matter: A study of 16-yearold Swedish science students. International Journal of Science Education. Volume 31, Nomor 6 (hlm.
–786).
Devetak, I., et al. 2009. Comparing Slovenian year 8 and year 9 elementary school pupils’ knowledge of
electrolyte chemistry and their intrinsic motivation. Journal Chemistry Education Research and
Practice. Volume 10 (hlm. 281–290). Tersedia pada http://www2.pef.uni-lj.si (diakses tanggal 11
Januari 2017).
Furió, C., & Calatayud, M. L., 1996. Difficulties with the geometry and polarity of molecules. Journal of
Chemical Education, Volume 73 (hlm. 36-41).
Handayanti, Y., et al. 2015. Analisis Profil Model Mental Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal
Penelitian dan Pembelajaran IPA. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 107-122). Tersedia pada
http://repository. upi.edu (diakses tanggal 23 November 2016).
Ibrahim, M. 2012. Seri Pembelajaran Inovatif: Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya:
Usesa University Press.
Jansoon, N., et al. 2009. Understanding Mental Models of Dilution in That Students. International Journal
of Environmental & Science Education, Volume 4, Nomor 2 (hlm. 147-168). Tersedia pada
http://files.eric.ed.gov (diakses tanggal 11 Januari 2017).
Kirna, 2010. Determinasi Proposisi Pembelajaran Pemahaman Konsep Kimia melalui Implementasi
Pembelajaran Sinkronisasi Kajian Makros-kopis dan Sub-mikroskopis. Jurnal Pendidikan dan
Pengajaran, Jilid 43, Nomor 3 (hlm.185-191). Tersedia pada http ://ejournal.undiksha.ac.id (diakses
tanggal 18 Desember 2016).
Laliyo, L. A. R. 2011. Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian dan
Pendidikan. Volume 8, Nomor 1 (hlm 1-10). Tersedia pada http: //repository.ung.ac.id (diakses
tanggal 23 November 2016).
Okyasari, R. 2014. Profil Model Mental Siswa SMA pada Materi Sistem Koloid. Skripsi (tidak diterbitkan).
Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia pada
http://repository.upi.edu (diakses tanggal 23 November 2016).
Sastrawijaya, T. 1988. (Proses Belajar Mengajar Kimia). Jakarta: Depdikbud.
Sendur, G., et al. 2010. Analyzing of Students’ Misconceptions About Chemical Equilibrium. Paper on
International Conference on New Trends in Education and Their Implications. Antalya-Turkey.
Tersedia pada http: //conference. Pixel online.net. (diakses tanggal 18 Desember 2016).
Sucitra, I G. N. B., et al. 2016. Profil Model Mental Siswa tentang Korelasi Struktur Molekul terhadap Sifat
Senyawa Organik. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA 2016. SIngaraja: Universitas
Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http://ejournal.undiksha. ac.id (diakses tanggal 20 Juli 2017).
Suja, I W., & Retug, N., 2013a. Profil Konsepsi Kimia Siswa Kelas XI di Kota Singaraja. Prosiding Senari
(Seminar Nasional Riset Inovatif) Lembaga Penelitian UNDIKSHA ke-1 ISSN 2339-1553 (hlm. 172–
. Tersedia pada http://lemlit.undiksha. ac.id (diakses tanggal 20 Juli 2017).
Suja, I W., & Retug, N., 2013b. Konsepsi Kimia Siswa Kelas XII di Kota Singaraja. Prosiding Seminar
Nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun 2013 (hlm. 125–133). Tersedia pada http://ejournal.undiksha.
ac.id (diakses tanggal 20 Juli 2017).
Suja, I W. 2015. Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia dalam Memahami Bahan Kajian Stereokimia.
Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 4, Nomor 2 (hlm. 625-638). Tersedia pada http://ejournal.
undiksha.ac.id (diakses tanggal 18 Desember 2016).
Suja, I W. 2016. Perangkat Tes Model Mental Kimia Organik. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suja, I W., & Frieda, N. 2016. Pengembangan Tes Model Mental Siswa dan Mahasiswa Calon Guru Kimia
tentang Korelasi Struktur dan Sifat Senyawa Organik. Penelitian Hibah Institusi Bersaing. Singaraja:
Universitas Pendidikan Ganesha.
Wang, Ch. Y. 2007. The Role Of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, and Mental Models in General
Chemistry Students’ Un-derstanding about Molecular Polarity. A Dissertation presented to the
Faculty of the Graduate School University of Missouri – Columbia. Tersedia pada https://mospace.
umsystem.edu (diakses tanggal 11 Januari 2017).
Westbrook, S. L. & Marek, E. A. 1992. Across-age study of student understanding of the concept of
homeostasis. Journal of Research in Science Teaching, Volume 29, Nomor 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)