PROFIL MODEL MENTAL SISWA SMA KELAS X TENTANG KONSEP-KONSEP DASAR KIMIA PADA KURIKULUM SAINS SMP

Penulis

  • Anak Agung Sri Yoni
  • I Wayan Suja
  • I Wayan Karyasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16616

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil model mental siswa SMA Kelas X tentang konsep-konsep dasar kimia pada kurikulum sains SMP. Penelitian ini dilakukan dengan teknik sensus di kelas X SMA Negeri Sukasada dengan melibatkan 90 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes diagnostik dua tingkat (two-tier). Analisis data dilakukan secara deskriptif melibatkan hubungan antara jawaban siswa dan argumentasinya dengan melibatkan tiga level kimia. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa profil model mental siswa kelas X tentang konsep-konsep dasar kimia pada kurikulum sains SMP adalah 6,44% model mental ilmiah  dan 93,56% model mental alternatif, yang terdiri atas 45,56% model mental benar sebagian, 44,22% model mental miskonsepsi khusus, dan 3,78% tidak ada tanggapan. Sehubungan dengan temuan tersebut, guru-guru sains di SMP perlu membekali diri dengan pemahaman konsep-konsep dasar kimia yang mencakup tiga level kimia dan interkoneksinya. Selain itu, guru kimia di SMA melakukan remidiasi berkaitan dengan konsep-konsep dasar kimia yang telah dipelajari siswa di SMP agar menjadi model konseptual.

Referensi

Adbo, K. & K.S. Taber. 2009. Learners' Mental Models of the Particle Nature of Matter: A study of 16-yearold Swedish science students. International Journal of Science Education. Volume 31, Nomor 6 (hlm.

–786).

Devetak, I., et al. 2009. Comparing Slovenian year 8 and year 9 elementary school pupils’ knowledge of

electrolyte chemistry and their intrinsic motivation. Journal Chemistry Education Research and

Practice. Volume 10 (hlm. 281–290). Tersedia pada http://www2.pef.uni-lj.si (diakses tanggal 11

Januari 2017).

Furió, C., & Calatayud, M. L., 1996. Difficulties with the geometry and polarity of molecules. Journal of

Chemical Education, Volume 73 (hlm. 36-41).

Handayanti, Y., et al. 2015. Analisis Profil Model Mental Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal

Penelitian dan Pembelajaran IPA. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 107-122). Tersedia pada

http://repository. upi.edu (diakses tanggal 23 November 2016).

Ibrahim, M. 2012. Seri Pembelajaran Inovatif: Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya:

Usesa University Press.

Jansoon, N., et al. 2009. Understanding Mental Models of Dilution in That Students. International Journal

of Environmental & Science Education, Volume 4, Nomor 2 (hlm. 147-168). Tersedia pada

http://files.eric.ed.gov (diakses tanggal 11 Januari 2017).

Kirna, 2010. Determinasi Proposisi Pembelajaran Pemahaman Konsep Kimia melalui Implementasi

Pembelajaran Sinkronisasi Kajian Makros-kopis dan Sub-mikroskopis. Jurnal Pendidikan dan

Pengajaran, Jilid 43, Nomor 3 (hlm.185-191). Tersedia pada http ://ejournal.undiksha.ac.id (diakses

tanggal 18 Desember 2016).

Laliyo, L. A. R. 2011. Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian dan

Pendidikan. Volume 8, Nomor 1 (hlm 1-10). Tersedia pada http: //repository.ung.ac.id (diakses

tanggal 23 November 2016).

Okyasari, R. 2014. Profil Model Mental Siswa SMA pada Materi Sistem Koloid. Skripsi (tidak diterbitkan).

Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia pada

http://repository.upi.edu (diakses tanggal 23 November 2016).

Sastrawijaya, T. 1988. (Proses Belajar Mengajar Kimia). Jakarta: Depdikbud.

Sendur, G., et al. 2010. Analyzing of Students’ Misconceptions About Chemical Equilibrium. Paper on

International Conference on New Trends in Education and Their Implications. Antalya-Turkey.

Tersedia pada http: //conference. Pixel online.net. (diakses tanggal 18 Desember 2016).

Sucitra, I G. N. B., et al. 2016. Profil Model Mental Siswa tentang Korelasi Struktur Molekul terhadap Sifat

Senyawa Organik. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA 2016. SIngaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http://ejournal.undiksha. ac.id (diakses tanggal 20 Juli 2017).

Suja, I W., & Retug, N., 2013a. Profil Konsepsi Kimia Siswa Kelas XI di Kota Singaraja. Prosiding Senari

(Seminar Nasional Riset Inovatif) Lembaga Penelitian UNDIKSHA ke-1 ISSN 2339-1553 (hlm. 172–

. Tersedia pada http://lemlit.undiksha. ac.id (diakses tanggal 20 Juli 2017).

Suja, I W., & Retug, N., 2013b. Konsepsi Kimia Siswa Kelas XII di Kota Singaraja. Prosiding Seminar

Nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun 2013 (hlm. 125–133). Tersedia pada http://ejournal.undiksha.

ac.id (diakses tanggal 20 Juli 2017).

Suja, I W. 2015. Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia dalam Memahami Bahan Kajian Stereokimia.

Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 4, Nomor 2 (hlm. 625-638). Tersedia pada http://ejournal.

undiksha.ac.id (diakses tanggal 18 Desember 2016).

Suja, I W. 2016. Perangkat Tes Model Mental Kimia Organik. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suja, I W., & Frieda, N. 2016. Pengembangan Tes Model Mental Siswa dan Mahasiswa Calon Guru Kimia

tentang Korelasi Struktur dan Sifat Senyawa Organik. Penelitian Hibah Institusi Bersaing. Singaraja:

Universitas Pendidikan Ganesha.

Wang, Ch. Y. 2007. The Role Of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, and Mental Models in General

Chemistry Students’ Un-derstanding about Molecular Polarity. A Dissertation presented to the

Faculty of the Graduate School University of Missouri – Columbia. Tersedia pada https://mospace.

umsystem.edu (diakses tanggal 11 Januari 2017).

Westbrook, S. L. & Marek, E. A. 1992. Across-age study of student understanding of the concept of

homeostasis. Journal of Research in Science Teaching, Volume 29, Nomor 1

Diterbitkan

2019-01-24

Cara Mengutip

Yoni, A. A. S., Suja, I. W., & Karyasa, I. W. (2019). PROFIL MODEL MENTAL SISWA SMA KELAS X TENTANG KONSEP-KONSEP DASAR KIMIA PADA KURIKULUM SAINS SMP. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 64–69. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16616

Terbitan

Bagian

Articles