Implementasi Nilai-Nilai Tat Twam Asi dalam Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning Berpengaruh Positif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Penulis

  • Kadek Agus Sanjaya Pande Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27267

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Tat Twam Asi, Kompetensi Pengetahuan IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 229 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengundian pada kelas yang setara. Kelompok eksperimen berjumlah 30 orang siswa, dan kelompok kontrol berjumlah 35 orang siswa. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda biasa, dan data dianalisis menggunakan teknik uji-t. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi dengan rata-rata gain skor ternormalisasi 0,361, dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata gain skor ternormalisasi 0,280. Hasil uji t diperoleh t_hitung sebesar 2,038, sedangkan nilai t_tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 63 adalah sebesar 1,998. Ini berarti t_hitung > t_tabel (2,038 > 1,998). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa.

Biografi Penulis

Kadek Agus Sanjaya Pande, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Adnyana, Made Wira. (2017) “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playinng

Berbasis Tat Twam Asi Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. Volume 1, Nomor 4.

Agustino, I Kadek. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 5. Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14627

Apriliani, P.A.S. dan Yudiana, Kadek. (2020) Model Pembelajaran Doll Speak Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Sikap Toleransi Siswa. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 8. Nomor 2.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Asriningtyas, Anastasia Nandhita. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang. Volume 5, Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Cahyani, Dian Sisvina. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 7, Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.12123

Christiana, Putu Pande. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 2. Nomor 1.

Dewi, N. P. A. M. dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA.Volume 1, Nomor 1.

Dewi, P. A. S. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Cetak Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus V Mengwi. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 2, Nomor 1.

Diantari, Putu. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 2. Nomor 1.

Fajrin, Oktaviastuti Awalia. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. Volume 2. Nomor 1A. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Haryanti, Dwi Yuyun. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 3, Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Hermayanti, Putu. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar UNDIKSHA. Volume 2, Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15497

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Koyan, I. Wayan . 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Koyan, I. Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Puspitasari, Risky Priliani. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. Volume 5, Nomor 4. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Santiani, Ni Wayan. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2.

Saraswati, Putu Indah. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 8, Nomor 1.

Subagiasta, I Ketut. 2007. Etika Pendidikan Agama Hindu. Surabaya:Paramita.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. diakses pada tanggal: 3 Oktober 2019

Wahyudi dan Siswanti, Mia Christy. (2015) Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 5. Nomor 3 DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p23-36

Widayati, Ninik Sri dan Muaddab, Hafiz. 2012. 29 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : CV Garuda Mas Sejahtera

Yuniarti, Dwi. (2018). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 6. Nomor 1.

Diterbitkan

2020-07-22

Cara Mengutip

Sanjaya Pande, K. A., & Sujana, I. W. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Tat Twam Asi dalam Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning Berpengaruh Positif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(2), 65–73. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27267

Terbitan

Bagian

Articles