Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Catur paramitha dalam Pembelajaran dengan Model Discovery Learning Berpengaruh Positif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Penulis

  • Ni Komang Micka Pranintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27270

Kata Kunci:

Discovery Learning, Catur Paramitha

Abstrak

Pada pembelajaran IPS, siswa masih menggunakan kemampuan mengingat daripada memahami konsep suatu materi serta kurangnya dalam memiliki etika yang baik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V di SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 259 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang di peroleh dinormaliasasikan dengan gain skor kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial uji t. Diperoleh hasil analisis data yaitu thitung = 3,065 > ttabel = 2,000 untuk taraf signifikansi 5% dan dk = 66. Berdasarkan kriteria pengujian, Ho di tolak dan Ha diterima. Rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha adalah 0,517. Sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 0,383. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran IPS agar kompetensi pengetahuan IPS siswa sesuai dengan yang diharapkan. Model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha dapat diterapkan oleh guru karena sudah terbukti dapat mempengaruhi hasil kompetensi pengetahuan IPS siswa menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V di Sekolah Dasar.

Biografi Penulis

Ni Komang Micka Pranintya Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PDGS

Referensi

Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792 DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Anis, Y. W. (2017). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas Viii Smp. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 15. https://doi.org/10.29210/12017293 DOI: https://doi.org/10.29210/12017293

Anugraheni, A. D., Oetomo, D., & Santosa, S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning terhadap Keterampilan Argumentasi Tertulis Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa SMAN Karangpandan The Effect of Discovery Learning Model with Contextual Teaching Learning A. Bioedukasi, 11, 123–128.

Arindah, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 254169.

DB.KT.NGR. Semara Putra, S., & Drs. I Wayan Sujana, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11076

Dr. Desak Putu Parmiti, M. . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 Di Sd Gugus Ii Kecamatan Tampaksiring. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10712

Drs. I Wayan Sujana, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10655

Drs. Ida Bagus Surya Manuaba, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11000

Edeltrudis, M. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dinamika LitosfeR. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16312 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16312

Fitriyah, F., Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898 DOI: https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898

Hadi, K., & Manurung, B. (2019). Analisis Daya Beda Soal Tes Berpikir Tingkat Tinggi. 6(2), 85–91. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v6i2.3565

Herijanto, B. (2012). Journal of Educational Social Studies Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam. In JESS.

Km, N., Wardani, T., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3(1), 25–34. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358

Kodir, Abdul. Menejemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran yang berpusat pada Siswa. Bandung : Pustaka Setia

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356 DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Meldina, T., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Institut Agama Islam Negeri Curup Sekolah Dasar Negeri 10 Pasaman PENDAHULUAN Pendidikan semestinya sudah dilakukan sedari dini yaitu dengan melakukan pendidikan dasar . Pada Undang-undang No. 4(1). DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572

Nita Noviani. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar Ips Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Noperman, F. (2013). Jurnal PGSD. 1(1), 10.

Putra, I. G. D. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. 4, 103–109. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369 DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055

Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499

Sudhita, Romi. 2019. Istilah Istilah Kependidikan. Singaraja: Mahima Institut Indonesia

Suhardana, K.M. 2015. Catur dan Sad Paramitha Jalan Menuju Keluhuran Budi. Denpasar: Paramita.

TAS’ADI, R. (2016). Pentingnya Etika Dalam Pendidikan. Ta’dib, 17(2), 189. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.272 DOI: https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.272

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348

Wisnu Budi Wijaya, I. K. (2019). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737 DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737

Diterbitkan

2020-07-22

Cara Mengutip

Pranintya Dewi, N. K. M., & Sujana, I. W. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Catur paramitha dalam Pembelajaran dengan Model Discovery Learning Berpengaruh Positif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27270

Terbitan

Bagian

Articles