IMPROVING 4th GRADE STUDENTS’ LEARNING COMPETENCY THROUGH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS METHOD

Penulis

  • Dwi Aryani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Slameto Slameto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpp.v50i2.11657

Kata Kunci:

Student Teams Achievement Divisions, learning outcomes, natural science

Abstrak

This study aims to improve science learning outcomes through methods of Student Teams Achievement Divisions. Action Research (PTK) is conducted in two cycles. The research procedures based on the Kemmis and Mc Tanggart models include planning, action, observation and reflection phases that are adapted to the Student Teams Achievement Divisions.The results obtained from the implementation of cycle I and II, namely an increase learning outcomes after using Student Teams Achievement Divisions. In comparison the initial conditions, the cycle I and II show the initial conditions only 9 students, or 36%, in the first cycle of 16 students or 64% and the second cycle increased to 23 students or 92%. Based on the results concluded that Student Teams Achievement Divisions learning to improve student learning outcomes with indicators of >70%, which indicates success.

Referensi

Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Angkasa.

Bahri, Syaiful. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Murid Dalam pembelajaran Materi IPA Melalui Penerapan Kooperatif STAD Kelas IV Madrasah Ibtidiyah Negeri 2 Fajar Pekan Baru”. Jurnal UIN Suska Riau. (http:// uin-suska.ac.id di akses tanggal 5 April 2017).

Huda, Miftakul . 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Kholisin, Nur. 2014. "Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IV SD Negeri Boto Kecamatan Jaten Kabupaten Pati Semester II / 2013-2014".

Lasia, I Nyoman. 2014. “Pendekatan Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 12 Padang Sambian Kota Denpasar Tahun 2013/2014”. Jurnal Undiksha. Volume 2, No. 1.

Mudjiono, Dimyati. 2013. Pembelajaran & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, Hilyatul Mahsun . 2011. “Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester ganjil TA 2011/2012 MI Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar”. Jurnal Universitas Negeri Malang.

Rahmawati, Yunita. 2014. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Gambar Seri (Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya) Siswa Kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember”. Jurnal Universitas Jember.

Samatowa,Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Slameto. 2015. Metodologi Penelitian & Inovasi Penelitian. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Soffah, Fazriya Mas’ula. 2014. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV Mima 32 Salafiah Syafi’iyah Ambulu Tahun Ajaran 2011/2012”. Jurnal Universitas Jember.

Sulastri. 2012. "Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui pembelajaran STAD dan Penggunaan Alat Peraga Konkret Tentang Energi, Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Kandangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012".

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana Prenala Media Group.

Wardani, Sulistya Naniek, dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.

Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asessmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wijayanti, Aria. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model STAD Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Tunggalsari Semester 1 Tahun Ajaran 2013/2014”.

Wisudawati, Sulistyawati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksana.

Zulkifli, Rahman. 2016. “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gayam”. Jurnal Quantum Cendekia PGSD Lampung. Volume 3, No. 2.

Diterbitkan

2017-07-31

Cara Mengutip

Aryani, D., & Slameto, S. (2017). IMPROVING 4th GRADE STUDENTS’ LEARNING COMPETENCY THROUGH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS METHOD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 50(2), 74–78. https://doi.org/10.23887/jpp.v50i2.11657

Terbitan

Bagian

Articles