ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR SAINS SD BERMUATAN PEDAGOGI BUDAYA BALI

Penulis

  • I Wayan Suja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.142

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar sains SD bermuatan konten sains asli (indigenous science) dan konteks pedagogi Catur Pramana. Subjek penelitian adalah kurikulum Sains SD dan seluruh SD di kota Singaraja pada tahun ajaran 2010/2011. Objek penelitian mencakup: (1) profil standar kompetensi dan kompetensi dasar Sains SD yang strategis diajarkan dengan siklus belajar Catur Pramana, (2) karakteristik konsep-konsep sains asli Bali yang relevan diintegrasikan ke dalam kurikulum Sains SD, dan (3) kondisi daya dukung sekolah terhadap pembelajaran Sains bermuatan konten dan konteks pedagogi Catur Pramana. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, angket, dan daftar isian, serta dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) seluruh standar kompetensi Sains SD dan 99,16% kompetensi dasarnya strategis diajarkan dengan siklus belajar Catur Pramana; (2) konsep-konsep sains asli yang relevan diintegrasikan ke dalam kurikulum Sains SD, di antaranya: kearifan lokal tentang penataan lingkungan, klasifikasi hewan, pemeliharaan kesehatan, pemanfaatan sifat bahan untuk pembuatan alat-alat tradisional, konsepsi ruang dan waktu masyarakat Bali, serta penggunaan dan penghematan energi; dan (3) daya dukung SDM dan fasilitas pembelajaran masih perlu ditingkatkan untuk penerapan pembelajaran Sains bermuatan konten sains asli dan konteks pedagogi Catur Pramana..
Kata-kata Kunci: pedagogi budaya Bali, sains asli, dan catur pramana

Diterbitkan

2011-04-01

Cara Mengutip

Suja, I. W. (2011). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR SAINS SD BERMUATAN PEDAGOGI BUDAYA BALI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.142

Terbitan

Bagian

Articles