Kolaborasi Teknik Picture and Picture dan Make A Match Bersetting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26006Abstract
Penelitian dengan permasalahan rendahnya hasil belajar tematik maka, bertujuan untuk mengetahui efektivitas kooperatif teknik Picture and Picture dan teknik Make a Match dalam Setting Lesson Study terkait pembelajaran tematik kelas III SD. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu melalui tata cara penelitian desain RCTs. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas III A sejumlah 28 orang. Populasi untuk kelompok eksperimen kelas III A berjumlah 14 orang yang diberikan perlakuan menggunakan teknik picture and picture dan teknik make a match dan 14 orang kelas III A sebagai kelompok kontrol. Pemerolehan data tematik siswa dikumpulkan mempergunakan perangkat tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data yang telah terkumul kemudian dianalisis mempergunakan statistik deskriptif dan Independen Sample t-test. Berdasarkkan penelitian, rata-rata belajar pendekatan tematik siswa kelompok eksperimen = 23. Serta setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan SPSS 25.00 for Windows pada tabel keputusan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,043 artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pada eksperimen setelah diajarkan melalui teknik picture and picture dan teknik make a match dalam setting lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajaran guru seperti biasa pada hasil belajar siswa. Dengan demikian disimpulan bahwa teori konstruktivis model pembelajaran dengan kolaborasi teknik picture and picture dan make a match bersetting lesson study efektif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III A Sekolah Dasar dapat ditingkatkan.References
Afiyahni, F. D., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. Mimbar PGSD, 7, 230–236.
Andriani, D., Sulasmoni, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembeljaran Koopertif Tipe Picture and Picture dan Example non Example Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara. Jurnal Basicedu, 3(2), 553–338. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu
Anggraeni, Anggita, A., & Veryliana, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225.
Arnista, S., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 214–220.
Azhar, D., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Efektivitas Model Konseling Behavioral Pavlov dengan Teknik Classical Conditioning untuk Meningkatkan Self Achievement. JIBK Undiksha, 10(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
Budiarto, E. (2004). Metodologi Penelitian Kedokteran. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.
Cahyani, I. G. A. A. N., Tegeh, i M., & Sudarma, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar PKN. E-Journal Edutech, 3(1).
Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.
Dharsana, I. K. (2014). Model-model, Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling (Universita). Singaraja.
Dharsana, I. K. (2018). Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Singaraja: BK FIP Undiksha.
Dharsana, I. K., Suarni, N. K., & Mahendra, I. G. N. A. (2019). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Self Nurturance. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 167–173. Retrieved from e-issn:2685-9033
Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy Melalui Lesson Study. Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X
Lestari, R., & Afifah, N. (2018). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. 37–41.
Margunayasa, G., Arini, W., & Japa, N. I. G. (2014). Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran (S. S. Mukrimah, ed.). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2014). Kualitas ButirTes Pilihan Ganda pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan. FT UNJ, (1), 53–69.
Putra, P. A. D., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Sakdiah, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Penilaian Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Di Sd Binaan Kota Lhokseumawe Tahun 2019. Serambi PTk, 6(3), 134–142.
Sri, Y. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Base Learning pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Histogram, 2(2), 156–168.
Sukmawati, N. M. I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. E-Journal PGSD, 7, 198–206.
Supranoto, H. (2016). Penerapan Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Padagogik Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(2), 21–28.
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajara Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jurnal Pendidikan Indonesis, 5(2), 206.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.