Kolaborasi Teknik Picture and Picture dan Make A Match Bersetting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Ni Made Nia Widiya Paramita Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universita Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26006

Abstract

Penelitian dengan permasalahan rendahnya hasil belajar tematik maka, bertujuan untuk mengetahui efektivitas kooperatif teknik Picture and Picture dan teknik Make a Match dalam Setting Lesson Study terkait pembelajaran tematik kelas III SD. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu melalui tata cara penelitian desain RCTs. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas III A sejumlah 28 orang. Populasi untuk kelompok eksperimen kelas III A berjumlah 14 orang yang diberikan perlakuan menggunakan teknik picture and picture dan teknik make a match dan 14 orang kelas III A sebagai kelompok kontrol. Pemerolehan data tematik siswa dikumpulkan mempergunakan perangkat tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data yang telah terkumul kemudian dianalisis mempergunakan statistik deskriptif dan Independen Sample t-test. Berdasarkkan penelitian, rata-rata belajar pendekatan tematik siswa kelompok eksperimen  = 23. Serta setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan SPSS 25.00 for Windows pada tabel keputusan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,043 artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pada eksperimen setelah diajarkan melalui teknik picture and picture dan teknik make a match dalam setting lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajaran guru seperti biasa pada hasil belajar siswa. Dengan demikian disimpulan bahwa teori konstruktivis model pembelajaran dengan kolaborasi teknik picture and picture dan make a match bersetting lesson study efektif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III A Sekolah Dasar dapat ditingkatkan.

Author Biographies

Ni Made Nia Widiya Paramita, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Ketut Dharsana, Universita Pendidikan Ganesha

PGSD

I Made Tegeh, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Afiyahni, F. D., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. Mimbar PGSD, 7, 230–236.

Andriani, D., Sulasmoni, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembeljaran Koopertif Tipe Picture and Picture dan Example non Example Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara. Jurnal Basicedu, 3(2), 553–338. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu

Anggraeni, Anggita, A., & Veryliana, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218–225.

Arnista, S., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 214–220.

Azhar, D., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Efektivitas Model Konseling Behavioral Pavlov dengan Teknik Classical Conditioning untuk Meningkatkan Self Achievement. JIBK Undiksha, 10(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Budiarto, E. (2004). Metodologi Penelitian Kedokteran. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Cahyani, I. G. A. A. N., Tegeh, i M., & Sudarma, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar PKN. E-Journal Edutech, 3(1).

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.

Dharsana, I. K. (2014). Model-model, Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling (Universita). Singaraja.

Dharsana, I. K. (2018). Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Singaraja: BK FIP Undiksha.

Dharsana, I. K., Suarni, N. K., & Mahendra, I. G. N. A. (2019). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Self Nurturance. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 167–173. Retrieved from e-issn:2685-9033

Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy Melalui Lesson Study. Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87–91. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Lestari, R., & Afifah, N. (2018). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. 37–41.

Margunayasa, G., Arini, W., & Japa, N. I. G. (2014). Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran (S. S. Mukrimah, ed.). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2014). Kualitas ButirTes Pilihan Ganda pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan. FT UNJ, (1), 53–69.

Putra, P. A. D., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Sakdiah, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Penilaian Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Di Sd Binaan Kota Lhokseumawe Tahun 2019. Serambi PTk, 6(3), 134–142.

Sri, Y. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Base Learning pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Histogram, 2(2), 156–168.

Sukmawati, N. M. I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. E-Journal PGSD, 7, 198–206.

Supranoto, H. (2016). Penerapan Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Padagogik Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(2), 21–28.

Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajara Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jurnal Pendidikan Indonesis, 5(2), 206.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan

Dasar dan Menengah. Jakarta.

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Paramita, N. M. N. W., Dharsana, I. K., & Tegeh, I. M. (2020). Kolaborasi Teknik Picture and Picture dan Make A Match Bersetting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 25(2), 240–250. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26006

Issue

Section

Articles