Motivasi Belajar Ditinjau dari Status Pekerjaan Ibu

Authors

  • Ni Putu Pradnya Paramitha Shinta Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25523

Abstract

Secara teoretis antara ibu pekerja dan rumah tangga tentunya memiliki perbedaan khususnya pada tanggung jawab yang diemban serta waktu dengan anak yang disinyalir menyebabkan perbedaan motivasi belajar pada diri siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa kelas IV antara ibu pekerja dan ibu rumah tangga dengan menggunakan rancangan “ex post facto” dengan jenis kausal komparatif atau hubungan sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 12 kelas dalam 8 sekolah dengan jumlah siswa selurunya adalah 392 siswa. Penentuan sampel digunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, diperoleh sampel siswa ibu pekerja sebanyak 74 orang dan ibu rumah tangga sebanyak 74 orang. Data yang dikumpulkan berkaitan dengan motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui penyebaran angket dan dianalisis menggunakan uji-t untuk penelitian empiris (n1 = n2) dengan data motivasi belajar berdistribusi normal serta varian homogen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga thitung = 4,352 dan pada taraf signifiansi 5% dengan derajat kebebasan (74 +74 – 2) = 146 diperoleh ttabel = 1,976. Hal ini berarti thitung = 4,352 > ttabel = 1,976. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa kelas IV antara ibu pekerja dan ibu rumah tangga.

Author Biographies

Ni Putu Pradnya Paramitha Shinta Devi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ida Bagus Gede Surya Abadi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Adistiya Media Publishing.

Akbar, Z., Kartika, K., Psikologi, F. P., Jakarta, U. N., Psikologi, F. P., & Jakarta, U. N. (2016). Konflik Peran Ganda dan Keberfungsian Keluarga Pada Ibu Yang Bekerja. 5(2001).

Apreviadizy, P. (2014). Perbedaan Stres Ditinjau dari Ibu bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. 9(1), 58–65.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astriyani, T. I. H. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa. 3(6), 806–809.

Basti, E. M. P. D. (2015). Pengasuhan Ibu Berkarir Dan Internalisasi Nilai Karir Pada Remaja. 03(01), 165–183.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri di Kota Tuban. 1(1), 79–90.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. 5(2).

Evyndacari, I. Perbedaan Kemandirian Perilaku Remaja Ditinjau dari Ibu Berkarir dan Ibu Rumah Tangga, 2017.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota. 4(1).

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. 12(1), 90–96.

Hanum, S. L., & Surakarta, I. (2017). Peran Ibu Rumah Tangga dalam Membangun Kesejahteraan Keluarga. 1(2).

Hidayati, F., Veronika, D., & Kaloeti, S. (2002). Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak.

Junaidi, H. (2017). Ibu Rumah Tangga : Streotype Perempuan Pengangguran. 12, 77–88.

Mardiah, N. (2014). Perbedaan Prestasi Belajar Anak Pada Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja Di SDIT Adzakia Padang Tahun 2014. 35(April), 2013–2014.

Marhaeni, A. A. I. N. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Muhajis, D. D. A. N. (2018). Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. II(2), 216–228.

Nurhamida, Y. (2013). Power In Marriage Pada Ibu Bekerja Dan Ibu Rumah Tangga. 1(2), 185–198.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. 5(2), 216–232.

Purbasari, D., & Putri, K. (n.d.). Pembagian Peran Dalam Rumah Tangga. 16(1), 72–85.

Qmar, S. (2017). Penanggungjawab Pendidikan. I(1), 143–151.

Riswanto, A., Java, W., & Entrepreneurs, S. (2017). Learning Motivation and Student Achievement : Description Analysis and Relationships Both Learning Motivation And Student Achievement : Description Analysis and Relationships Both. March. https://doi.org/10.23916/002017026010

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. 1, 105–113.

Siregar, M. (2007). Keterlibatan Ibu Bekerja dalam Perkembangan Pendidikan Anak Mastauli Siregar. II(1), 8–18.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3(1), 73–82.

Tarbiyah, J. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. XXIV(1).

Uno, B. Hamzah. 2019. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wibowo, A., & Saidiyah, S. (n.d.). Proses Pengasuhan Ibu Bekerja. 105–123.

Wiratri, A. (2018). Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia (Revisiting The Concept Of Family In Indonesian Society). 13(1), 15–26.

Yuliana, I. (2012). Studi Komparasi antara Ibu yang Bekerja dan yang Tidak Bekerja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Suwawa. 1, 2012.

Downloads

Published

2020-09-27

How to Cite

Shinta Devi, N. P. P. P., Suniasih, N. W., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Motivasi Belajar Ditinjau dari Status Pekerjaan Ibu. Mimbar Ilmu, 25(2), 199–211. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25523

Issue

Section

Articles