Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif

Authors

  • Silvermen Boil Universitas Negeri PAdang
  • Syahril Syahril
  • Wakhinuddin Wakhinuddin

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31350

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang berdampak terhadap berkurangnya minat belajar siswa yang berdampak terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR dengan jumlah 22 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembaran observasi untuk aktivitas belajar dan soal tes untuk hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif ketuntasan individu dan klasikal, sedangkan data aktivitas belajar dianalisis dengan teknik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan klasikal sebesar 54,5% pada siklus I dan 86,4% pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 12,6 dari 2 siklus; (2) peningkatan aktivitas belajar sebesar 21,9%. pada siklus I diperoleh sebesar 59,1% dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 80,79% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran accelerated learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Author Biography

Silvermen Boil, Universitas Negeri PAdang

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri PAdang

References

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Cahyani, M., Dantes, N., & Riastini, P. N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Dalam Pola Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikapada Siswa Kelas Iii Semester I Di Sdn 3 Sambangan Kecamatan Sukasada Tahun Ajaran 2014 / 2015 Universitas Pendidikan Ganesha.

Kusuma, A. P., & Ramadoni, N. K. R. (2020). The Application of the Accelerated Learning Cycle, Brain-based Learning Model, and Direct Instruction Model toward Mathematical Reasoning in Terms of Mathematical Communication. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 21–28. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/346752624_The_Application_of_the_Accelerated_Learning_Cycle_Brain-based_Learning_Model_and_Direct_Instruction_Model_toward_Mathematical_Reasoning_in_Terms_of_Mathematical_Communication/link/5fd048cd45851568d14d8696/download

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98–106.

Putra, R. W. Y., & Linda, S. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.36

Rahmat, A., Andrizal, & Basri, I. Y. (2018). Pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa smk negeri 1 padang. Automotive Engineering Education Journals, 1(1). https://doi.org/http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/3430/2364

Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12615

Siregar, R. H. (2019). Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle Terhadap Self Concept Matematis Siswa. TAZKIR:Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 05(2), 291–308.

Subeni, L. (2018). Penerapan Konsep Accelerated Teaching Model MASTER untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Luwu. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 6(2), 189–202. https://doi.org/https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1291/1151.

Sucipto, D., Putra, M., Sugiyarti, S., & Putra, Y. Y. (2018). Pengaruh Model Accelerated Learning Cycle terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat The Influence of Accelerated Learning Cycle Model on Mathematic Problem Solving of Integers Material. 1(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.136

Syamsi, A. M., Rochmand, C., & Rusnayati, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jotalp.v1i1.3406

Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21.

Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).

Downloads

Published

2021-04-07

How to Cite

Boil, S., Syahril, S., & Wakhinuddin, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Mimbar Ilmu, 26(1), 52–59. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31350

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)