Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31350Abstract
Pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang berdampak terhadap berkurangnya minat belajar siswa yang berdampak terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR dengan jumlah 22 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembaran observasi untuk aktivitas belajar dan soal tes untuk hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif ketuntasan individu dan klasikal, sedangkan data aktivitas belajar dianalisis dengan teknik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan klasikal sebesar 54,5% pada siklus I dan 86,4% pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 12,6 dari 2 siklus; (2) peningkatan aktivitas belajar sebesar 21,9%. pada siklus I diperoleh sebesar 59,1% dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 80,79% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran accelerated learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
References
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Cahyani, M., Dantes, N., & Riastini, P. N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Dalam Pola Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikapada Siswa Kelas Iii Semester I Di Sdn 3 Sambangan Kecamatan Sukasada Tahun Ajaran 2014 / 2015 Universitas Pendidikan Ganesha.
Kusuma, A. P., & Ramadoni, N. K. R. (2020). The Application of the Accelerated Learning Cycle, Brain-based Learning Model, and Direct Instruction Model toward Mathematical Reasoning in Terms of Mathematical Communication. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 21–28. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/346752624_The_Application_of_the_Accelerated_Learning_Cycle_Brain-based_Learning_Model_and_Direct_Instruction_Model_toward_Mathematical_Reasoning_in_Terms_of_Mathematical_Communication/link/5fd048cd45851568d14d8696/download
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98–106.
Putra, R. W. Y., & Linda, S. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.36
Rahmat, A., Andrizal, & Basri, I. Y. (2018). Pengaruh metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi dasar otomotif siswa smk negeri 1 padang. Automotive Engineering Education Journals, 1(1). https://doi.org/http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/3430/2364
Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12615
Siregar, R. H. (2019). Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle Terhadap Self Concept Matematis Siswa. TAZKIR:Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 05(2), 291–308.
Subeni, L. (2018). Penerapan Konsep Accelerated Teaching Model MASTER untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Luwu. Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education, 6(2), 189–202. https://doi.org/https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1291/1151.
Sucipto, D., Putra, M., Sugiyarti, S., & Putra, Y. Y. (2018). Pengaruh Model Accelerated Learning Cycle terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat The Influence of Accelerated Learning Cycle Model on Mathematic Problem Solving of Integers Material. 1(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.136
Syamsi, A. M., Rochmand, C., & Rusnayati, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jotalp.v1i1.3406
Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21.
Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.