Pengembangan Multimedia Sistem Tata Surya pada Muatan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32183Abstract
Kurangnya media pembelajaran yang membantu siswa dalam belajar membuat siswa sulit memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses rancang bangun dari produk Multimedia sistem tata surya dan mengetahui hasil validasi produk Multimedia sistem tata surya menurut hasil review para ahli dan uji coba perorangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyzed, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu ahli isi muatan pelajaran IPA memperoleh skor 87,50 (sangat baik), ahli desain instruksional memperoleh skor 93,75 (sangat baik), ahli media pembelajaran memperoleh skor 91,66 (sangat baik) dan hasil uji coba perorangan memperoleh skor 92,30 (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli dan hasil uji coba perorangan, dapat disimpulkan bahwa produk Multimedia sistem tata surya ini layak digunakan pada materi tata surya kelas VI. Implikasi penelitian ini adalah memberikan sebuah media pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat.
References
Antari, N. M. W., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus I Denpasar Selatan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.967
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435
Bardi, & Jailani. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi, 2(1), 49–63. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5203
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.
Handayani, Hadi, Isbaniah, Burhan, & Agustin. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101.
Irawan, H. (2018). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Irwanto, Taufik, Hernawan, & Rizal. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Dan Mobile Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6845.
Kariadnyani, Suartama, & Sumantri. (2016). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7467
Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in E-learning technologies: Role of multimedia in E-learning. Enhancing Academic Research With Knowledge Management Principles, (April), 199–227. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2489-2.ch007
Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205
Muyaroah, & Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology., 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.
Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18.
Purwanita, Y., Riyanto, Y., & Suyanto, T. (2019). The Influence of Multimedia Assisted Inquiry Learning Methods on My Heroes Theme of Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of Class IV Students ofElementary School. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(7), p9169. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.07.2019.p9169
Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf
Qumillaila, Susanti, & Zulfiani. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 57–69. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786/pdf. %0A
Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499
Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.5081
Sofyan, Rustono, & Hamdu. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5157
Surjono, J. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Teks Recount Di Mtsn II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287
Suryanda, Ernawati, & Maulana. (2016). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9
Susilo, Rumende, Pitoyo, Santoso, Yulianti, Herikurniawan, & Sinto. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.
Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 158–166. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21262/13262
Utami, & Hasanah. (2019). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6232.
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kwangsan, 4(2), 67 – 80. https://doi.org/Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Widjiningsih, Sugiyono, & Gafur. (2014). Efektivitas Dan Efisiensi Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video Di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan, 1(33), 62–70. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1862/pdf33
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.