Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Problem Based Learning yang dibantu dengan gambar seri pada kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V Sekolah Dasar yang dilakukan sebagai akibat rendahnya nilai kompetensi pengetahuan IPS siswa pada pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan secara eksperimental menggunakan design eksperimen semu. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 5 kelas secara keseluruhan berjumlah 130 siswa. Sampel yang diperoleh sejumlah 71 siswa, yang terdiri dari 36 siswa dari SD sebagai kelas perlakuan dan 35 siswa dari SD sebagai kelas pembanding. Data Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial dikumpulkan menggunakan tes dan pilihan ganda biasa sebagai instrumen, dengan tema yang digunakan adalah tema enam yaitu panas dan perpindahannya. T-test digunakan untuk memperoleh data pengetahuan siswa dalam bidang pengetahuan sosial. Kelas perlakuan memperoleh rerata gain score sebesar 0,2754 sedangkan kelas pembanding sebesar 0,1416. Hasil analisis yaitu thitung = 7,93 > ttabel = 2,00, tingkat kepercayaan 5% dengan derajat kebebasan (df) = 36 + 35 - 2 = 69, Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD. Implikasi penelitian ini yaitu dapat dipakai sebagai tambahan atau saran untuk siswa, pendidik, kepala sekolah ataupun peneliti lain yang ingin meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa khususnya pada muatan pembelajaran IPS, pembelajaran berbasis masalah yang dibantu gambar seri bisa menjadi pegangan atau acuan pada proses aktivitas belajar.References
Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Amanda Batam. CBIS, 3(2), 79.
Agung, anak agung gede. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.). Aditya Media publishing.
Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran (N. Jatinus (Ed.); 1st ed.). Kencana.
Ayu Riska, D. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).
Barr, H. (1997). Defining Social Studies.Pdf (pp. 6–12).
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Andi Yogyakarta.
Graff, E. De. (2003). Characteristics of Problem Based Learning. Int. J. Engng Ed, 19(5), 657–662.
Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi (2nd ed.). Alfabeta.
Hizati, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Journal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(7), 183–190.
Ibda, H. (2019). Buku Ibda 2019 (H. Nashihin (Ed.); II). CV. Pilar Nusantara.
Jamalia, J. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.100-105
Jamra. (2015). Penggunaan media gambar seri meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa di kelas III Sdn Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah. Kreatif Tadulako Online, 2, 46.
Jubair, M. (2013). Pembelajran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar. FKIP Universitas Tanjungpura.
Kompri (Ed.). (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah (I). Kencana.
Kosasih, D. (1994). Buku Pedoman Guru Pengajaran IPS. In Departement Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian HasilBelajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh (4th ed.). Rajagrafindo Persada.
Kusumawat, W. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Pancaran, 4(4), 1–12.
Lestainingsih. (2018). Konvergensi. Konevergensi, 5, 60.
Lismaya, L. (2019). Berpikir kritis dan PBL. In N. Azizah (Ed.), Berpikir kritis dan PBL (I). Media Sahabat Cendekia.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107
Marhaeni, A. A. I. . (2013). Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Nasution, T. (2018). Konsep Dasar IPS. In A. Cahyanti (Ed.), Konsep Dasar IPS. Samudra biru. https://doi.org/10.21067/press.7.7
Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Oktaviarini, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasi Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Permana, E. P. (2015). Penerapan Metode Problem Solving Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1). https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i1.152
Pradnyana, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia terhadap kompetensi pengatahuan IPS siswa kelas IV Sd. E-Journal PGSD Undiksha, 5(2), 1–10.
Putra, N. A. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Reference, 2(4), 230–242.
Ramadhani, T., Koryati, D., & . D. (2015). Analisis Model Dan Media Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Se-Kecamatan Inderalaya. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 34–45. https://doi.org/10.36706/JP.V2I1.5532
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497
Sani, A. (2017). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara.
Sari, D. T., Kristiani, & Wardani, D. K. (2015). PenerapanModel PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakata Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.23969/oikos.v1i1.242
Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68–73.
Sudiatmaka. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Multikultur Berbantuan Modul Berbasis Masalah yang Berorientasi pada Spiritualisme dalam Pembelajaran IPS-SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 28–39.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, 22.
Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial.
Thomas. (2015). PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP PEROLEHAN BELAJAR KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR. FKIP Universitas Tanjungpura, 1–12.
Widodo, C. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. PT Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.