Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual

Authors

  • Ni Luh Putu Sri Radha Nareswari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Keywords:

LKPD berbasis kontekstual, Matematika

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan observasi yang dilakukan antara lain: siswa kurang memahami materi matematika, LKPD yang digunakan minim penjelasan materi, dan LKPD kurang kontekstual dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika materi menentukan keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga di kelas IV SD serta mengetahui validitas produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar K erja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Matematika di Kelas IV SD. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Adapun nilai yang diperoleh yaitu: uji ahli mata pelajaran dosen matematika mendapatkan nilai 92%, uji ahli mata pelajaran guru matematika mendapatkan nilai 97,3%, uji ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 90,9%, dan uji coba perorangan mendapatkan rata – rata nilai 96%. Dari keseluruhan nilai tersebut, dapat dikualifikasikan dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.

Author Biographies

Ni Luh Putu Sri Radha Nareswari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Made Suarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Made Sumantri, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adiwijaya, H., Suarsini, E., & Lukiati, B. (2016). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2379—2387-2387. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8359/4004.

Ambarini, N., Rosyidi, A., & Ariyanto, J. (2013). The Implementation of Card Sort Active Learning with Mind Mapping to Increase Students’ Learning Interest in Biology at the Students’ of VII-E SMP Negeri 5 Surakarta. BIO-PEDAGOGI, 2(1), 77. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v2i1.5280.

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 12, Issue 2, pp. 47–62). https://core.ac.uk/download/pdf/267822059.pdf.

Astriani, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. FIBONACCI Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 77–85. http://jurnal.m.ac.id/index.php/fbc.Desi Putrianasari, D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran - Kabupaten Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p57-77.

Dewi, W. S., Supriadi, N., & Putra, F. G. (2018). Model Hands on Mathematics (HoM) Berbantuan LKPD Bernuansa Islami Materi Garis dan Sudut. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 57. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1913.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Fahrurrozi, M., Mohzana, & Mispandi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 7–14. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2271.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untukSsiswa SMP BerdasarkanTteori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.

Indriani, M., Niswah, C., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 165–180. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1739.

Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 31–41. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.04.

Juniati, Kartini, & Maimunah. (2021). Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1359–1373. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.545.

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663.

Kartika Putra, I. G. L. A., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. G. N. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN 1 Selat. E-Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(5). https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3939.

Kurniati, K., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Herman, T. (2015). Mathematical Critical Thinking Ability Through Contextual Teaching And Learning Approach. Journal on Mathematics Education, 6(1), 53–62. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1901.53-62.

Mahardika, I. K., Maryani, & Citra Murti, S. C. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Disertai Lks Kartun Fisika Pada Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 231–237. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/482.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6.

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. A. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805.

Nur Azizah, I. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial dengan Model Pengembangan Thiagarajan. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.132.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137.

Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7866.

Parmiti, D. P. (2014). Pengembangan Bahan Ajar. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285.

Rahmah, A. N., Zulkarnain, & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 125–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.415.

Rai, I. M., Wiranata, A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 30–38. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/31926.

Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926.

Rofiah, N. H. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Kit Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Ipa Di Mi/Sd. Al-Bidayah, 6(2), 253–272. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.145.

Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445.

Sagita, D., Sutiarso, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan LKPD Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 846–856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.309.

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia, 6(1), 22. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1296.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56.

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555.

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar, M. (2016). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence Of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94.

Syarifah, M. N., & Iswari, R. S. (2021). Development of CTL-approached Students Activity Worksheet in Environmental Change Learning Material to Increase Students’ Learning Outcome. Journal of Biology Education, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.15294/jbe.v10i1.41239.

Taurina, N. D., & Wasitohadi, W. (2015). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas 5 SDN Lodoyong 03 – Ambarawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 15. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p15-35.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.232.

Widjaja, W. (2013). The Use of Contextual Problems to Support Mathematical Learning. Journal on Mathematics Education, 4(2), 151–159. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.413.151-159.

Zulyadaini, D. (2017). A Development of Students’ Worksheet Based on Contextual Teaching and Learning. IOSR Journal of Mathematics, 13(01), 30–38. https://doi.org/10.9790/5728-1301033038.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Issue

Section

Articles