Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan

Authors

  • Ni Luh Putu Ema Widari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37088

Keywords:

Bahan ajar interaktif, Pendidikan karakter

Abstract

Kurangnya bahan ajar yang inovatif yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Selain itu pemanfaatan bahan ajar pendukung masih kurang, siswa hanya berpatokan pada buku siswa saja sebagai sumber belajar utama. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar interaktif bermuatan pendidikan karakter pada materi Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan Kelas V. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan prosedur ADDIE. Subjek uji coba penelitian yaitu 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli desain pembelajaran, 2 orang guru, dan 9 orang siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli materi pembelajaran yaitu 3,86 (sangat baik), penilaian dari ahli media pelajaran yaitu 3,87 (sangat baik), penilaian dari ahli desain pelajaran yaitu 3,82 (sangat baik), hasil uji coba perorangan yaitu 3,93 (sangat baik), hasil uji coba kelompok kecil yaitu 3,85 (sangat baik). Jadi bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu produk yang dikembangkan dapat digunakan guru sebagai bahan ajar yang membantu siswa dalam belajar mandiri.

Author Biography

Ni Luh Putu Ema Widari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588.

Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 78–84. http://dx.doi.org/10. 31602/muallimuna.v5i2.2950.

Cloonan, M. R., Cloonan, D. J., Schlitzkus, L. L., & Fingeret, A. L. (2020). Learners with Experience in Surgical Scrub Benefit from Additional Education with an Interactive E-Learning Module. Journal of the American College of Surgeons, 4(2). https://doi.org/10.1016/j.jamcollsurg.2020.08.521.

Dalimunthe, R. A. (2015). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616.

Damanik, M. R., & Setiawan, D. (2016). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Karakter Pada Ranah Keterampilan Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2). .https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5150.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. .http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Dewi. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah UNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855.

Diantari, Damayanthi, Sugihartini, & Wirawan. (2018). Pengembangan E-modul berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 7(1), 33–48. http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166.

Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 24–29. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157.

Fadillah, & Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 106–108. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8379.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gafur, A. (2010). Konsep, Prinsip, dan Prosedur Pengembangan Modul Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Civics Media Kajian Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.21831/civics.v7i1.3445.

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah. (2019). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Imajinasi Seni Dan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Ishikawa, J., Fujita, Y., Maeda, Y., Furuta, H., & Ikawa, Y. (2011). GNRA/receptor interacting modules: Versatile modular units for natural and artificial RNA architectures. Methods, 54(2). https://doi.org/10.1016/j.ymeth.2010.12.011.

Kawka, M., MH.Gall, T., Fang, C., Liu, R., & Jiao, R. (2021). Intraoperative video analysis and machine learning models will change the future of surgical training. Intelligent Surgery, 1(1). https://doi.org/10.1016/j.isurg.2021.03.001.

Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Lee, T. T., & Osman, K. (2012). Interactive Multimedia Module in the Learning of Electrochemistry: Effects on Students’ Understanding and Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.295.

Maloney, E., S.Hippe, D., Paladin, A., Felix, & Alice. (2016). Musculoskeletal Ultrasound Training for Radiology Residents: Lecture Versus Interactive Learning Modul. Academic Radiology, 23(7). https://doi.org/10.1016/j.acra.2015.11.018.

Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532.

Martha, nia ulfa, & Andini, novita pri. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992.

Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.

McNamara, J., Sweetman, S., Connors, P., Lofgren, I., & Greene, G. (2020). Using Interactive Nutrition Modules to Increase Critical Thinking Skills in College Courses. Journal of Nutrition Education and Behavior, 5(4). https://doi.org/10.1016/j.jneb.2019.06.007.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518.

Neppala, P., Sherer, M. V., Larson, G., Bryant, A. K., Panjwani, N., Murphy, J. D., & Gillespie, E. F. (2018). An Interactive Contouring Module Improves Engagement and Interest in Radiation Oncology Among Preclinical Medical Students: Results of a Randomized Trial. Practical Radiation Oncology, 8(4), e190–e198. https://doi.org/10.1016/j.prro.2018.01.001.

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–68. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418.

Qondias, D., Winarta, & Siswanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https:// doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393.

R, J. V. C. I., Liu, X., Kong, J., Jiang, M., & Li, S. (2021). Interactive information module for person re-identification. Journal of Visual Communication and Image Representation, 75(November 2019), 103033. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2021.103033.

Rahmadini, A. (2012). Pemberdayaan Pembelajaran Materi Ajar Identifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Bagi Pengembangan Nilai Karakter Berpikir Kritis dan Logis. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2609.

Risabethe, & Astuti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498.

Rosdiana, Kusmariyatni, & Widiana. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.826.

Rudiyati, S. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1488.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020a). Pembelajaran Daring di Tenggah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sadikin, & Hamidah. (2020b). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Saiboon, I. M., MSurg, Nurmaimun, Noriani, Shamsuddin, N. S., & Johar, M. (2021). Effectiveness of Self-Directed Small-Group-Learning Against Self-Directed Individual-Learning Using Self-Instructional-Video in Performing Critical Emergency Procedures Among Medical Students in Malaysia: A Single-Blinded Randomized Controlled Study. Clinical Simulation in Nursing, 56(1). https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.006.

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119.

Santosa, A. D. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Siswa di MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri. Dikdaktika Religia, 2(1). http://dx.doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.131.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Suhaida, D., & Fadillah, S. (2019). Media Kajian Kewarganegaraan membentuk karakter siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 111–121. https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.21757.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.

Velan, G. M., Goergen, S. K., Grimm, J., & Shulruf, B. (2015). Impact of Interactive e-Learning Modules on Appropriateness of Imaging Referrals: A Multicenter, Randomized, Crossover Study. Journal of the American College of Radiology, 12(11). https://doi.org/10.1016/j.jacr.2015.06.026.

Veronika, A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal PASUPATI, 6(2). http://dx.doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135.

Wati, Darsana, & Suardika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3002.

Widiatmika, D. G., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11786.

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.

Yulisari, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Gugus V Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.719.

Yusuf, M. (2012). Kinerja Kepala Sekolah dan Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4). https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.96

Za’im, M. (2016). Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ, EQ dan SQ (Studi Kitab Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud Karya Ibnu Al- Qayyim Al- Jauziyah). Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.743.

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Widari, N. L. P. E., Astawan, I. G., & Sumantri, M. (2021). Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Mimbar Ilmu, 26(3), 364–373. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37088

Issue

Section

Articles